Aplikasi Buku Keuangan Bendahara / Kas Umum Sekolah v4.00 Siap Cetak
Download Juknis dan Lampiran Bantuan MGMP PAI SMP

Download Juknis dan Lampiran Bantuan MGMP PAI SMP

Download Juknis dan Lampiran Bantuan MGMP PAI SMP

Downdoad Juknis dan Lampiran Bantuan MGMP PAI SMP

Dengan petunjuk teknis bantuan pemberdayaan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) dapat membantu Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) sebagai pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, memberi teladan, menilai dan mengevaluasi peserta didik.

Dengan kata lain, GPAI diharapkan tidak hanya dapat melakukan transfer of knowledge (pengetahuan), namun juga yang lebih penting dapat melakukan transfer of values atau ethics (nilai atau etika). Upaya transfer of values  atau ethics sekarang ini merupakan suatu keharusan dan menjadi kebutuhan mendesak dalam kerangka menegakkan kembali nilai-nilai agama dan jati diri bangsa Indonesia ditengah berbagai krisis yang sedang melanda bangsa Indonesia.

Untuk meningkatkan kinerja, menambah wawasan, dan meningkatkan kwalitas dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik pada pendidikan agama Islam, guru PAI membentuk KKG (untuk SD) dan MGMP (untuk SMP, SMA dan SMK), sehingga harapan tercapainya guru PAI menjadi guru yang inovatif, kreatif dan berdedikasi tinggi. Tentunya tercapainya tujuan pendidikan agama Islam.

Musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) guru pendidikan agama islam (GPAI) SMP merupakan forum silaturrahim bagi guru PAI pada SMP yang bertujuan untuk:
  1. Meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru PAI pada SMP
  2. Menyetarakan kompetensi dan propfesionalisme guru PAI pada SMP sehingga terwujud pemerataan mutu PAI di lingkungan SMP, dan
  3. Memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi guru PAI dalam menjalankan tugasnya sehari-hari.
Karena MGMP dinilai kurang berfungsi maksimal, yang salah satunya penyebabnya karena tidak memiliki dana operasional yang mendukung pengembangan kegiatan/program organisasi ini. Sehingga sebagian teman-teman (mungkin) harus mengeluarkan dana pribadi tiap bulannya.

Oleh sebab itu, Direktorat Pendidikan Agama Islam memberikan Bantuan Pemberdayaan MGMP PAI SMP kepada sejumlah MGMP PAI SMP di Indonesia. Namun, akan dilakukan monitoring atau pengecekan sebelum mendapatkan bantuan ini.


Salah satu upaya untuk meningkatkan profesi GPAI dalam memahami berbagai kompetensi di atas adalah pemberdayakan MGMP PAI SMP yang ada di kabupaten/kota. MGMP merupakan kelompok keja atau musyarah guru yang difungsikan sebagai wadah untuk mengembangkan profesi guru. Kelompok ini dipandang sangat strategis dan perlu terus diberdayakan guna terwujudnya guru yang professional.

Referensi : http://pendis.kemenag.go.id/

Share On :

Note :
  • Gunakan bahasa ramah lingkungan. Link promo masuk Spam
  • Jika tidak memiliki akun disqus, silahkan login dengan akun media sosial anda.
  • Gunakan parse tool untuk style teks dan kode HTML.
Copyright © | Proudly powered by Blogger
DMCA.com Protection Status