Etika Pemberi dan Penerima Zakat

Etika Pemberi dan Penerima Zakat
Etika Pemberi dan Penerima Zakat

Etika bagi pemberi
Orang yang akan menberikan zakat hendaknya memperhatikan hal-hal berikut ini :

  1. Mengerti tujuan zakat. Yakni; a)sebagai ujian bagiorang yang mengaku mencintai Allah SWT dengan mengeluarkan harta yang ia senangi. b) membersihkan diri dari sifat kikir yang dapat mencelakakan dirinya dan c) mensyukuri nikmat harta.
  2. Merahasiakan dalam mengeluarkan zakat. Agar ia terhindar dari sifat riya’ dan mencari popularitas. Terang-terangan dalam memberikan zakat termasuk penghinaan secara langsung terhadap si penerima dimata orang lain. Apabila khawatir dicurigai tidak berzakat, berikan sebagian zakatnya kepada orang fakir dengan cara terang-terangan dan sisanya diberikan secara sembunyi-sembunyi.
  3. Tidak merusak zakatnya dengan cara mengingatkan jasanya dan menyakiti si penerima.
  4. Harus memandang kecil/remeh pemberiannya terhadap orang lain.
  5. Memilih harta yang dianggap paling halal, paling bagus dan paling disenangi sebagai zakatnya.
  6. Mencari penerima yang bersih jiwanya dari golongan yang delapan tersebut.

Etika penerima
Hendaknya penerima memiliki sikap-sikap berikut :

  1. Mengerti bahwa Allah mewajibkan memberikan zakatnya kepadanya agar dapat mencukupi apa yang menjadi kepentingannya. Dan agar dia menjadikan kepentingannya hanya semata-mata karena mencari ridlo Allah.
  2. Berterima kasih kepada pemberi, mendoakan dan memberikan pujaan kepadanya. Karena orang yang tidak berterima kasih kapada sesame berarti tidak bersyukur kepada Allah.
  3. Memperhatikan apa yang diberikan kepada dirinya; bila bukan dari sesuatu yang halal, jangan sekali-kali mengambilnya.
  4. Menghindari terjadinya syubhat bagi dirinya dengan cara menerima pemberian zakat secukupnya, tidak melebihi kebutuhannya.
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya