Aplikasi Buku Keuangan Bendahara / Kas Umum Sekolah v4.00 Siap Cetak
Hapus Aplikasi PC/Laptop Yang Tidak Dibutuhkan

Hapus Aplikasi PC/Laptop Yang Tidak Dibutuhkan

Hapus Aplikasi PC/Laptop Yang Tidak Dibutuhkan

Hapus Aplikasi PC/Laptop Yang Tidak Dibutuhkan

Menghapus aplikasi supaya kinerja PC/laptop lebih maksimal. Aplikasi adalah perangkat yang berinteraksi dengan pengguna untuk mengolah atau memberikan layanan sesuai kebutuhan. Mulai dari pengolah kata, musik, video, gambar, browsing, dan lain sebagainya. Namun tidak sedikit juga pengguna (terutama pemula) menginstal aplikasi yang berlebihan, tidak disadari bahwa itu membebani perangkat keras seperti processor, RAM, hard disc, dan lain-lain.

Aplikasi yang berlebihan yang sebenarnya tidak dibutuhkan, biasanya mereka melihat PC/Laptop teman ada aplikasi ini itu dan tertarik untuk memasang juga di laptopnya, padahal dia sendiri tidak membutuhkannya. Prinsipnya “asal pakai dan asyik jika ada sekian aplikasi di laptop” yang kemudian akan membuat kinerja perangkat keras melemah atau bahkan bisa error.

Contoh sederhana. CorelDraw, aplikasi untuk membuat gambar/logo. Jika anda tidak punya kebutuhan untuk membuat gambar/logo, ya jangan pasang aplikasi ini. Buat apa coba?

Atau memasang aplikasi lebih dari satu dengan fungsi yang sama
  1. Musik : Winamp dan Aimp
  2. Video : KMPlayer dan GOMPlayer
  3. Browsing : Mozilla Firefox, Google Chrome, Facebook, twitter, opera, dan lainnya
Jika aplikasi diatas anda pasang semua, itu namanya berlebihan. Pasang salah satu saja dari contoh yang saya sebutkan supaya kinerja PC/laptop anda bisa maksimal. Seperti saya (misal):
  1. Microsoft Office : untuk membantu pekerjaan saya sebagai admin sekolah dan blog
  2. Photoshop : karena memang sering edit gambar anak saya dan gambar artikel blog
  3. Nero : membantu saya untuk membuat arsip file ke VCD/DVD
  4. Tune Up : untuk membersihkan sampah pada laptop saya
  5. IZArc : untuk mengompres file/folder
  6. Foxit Phantom : untuk membaca file PDF
  7. Mozilla Firefox : jelas buat ngeblog, blogwalking dan lainnya
  8. Corel Draw : ini juga yang saya butuhkan, karena memang saya sering membuat logo untuk membantu sekolah lain yang belum punya. Seperti sekarang nih, ada 32 sekolah yang minta dibuatin logo. Hadeh… pusing 64 keliling. Tapi Alhamdulillah masih sempet ngeblog dan blogwalking.
Lalu bagaimana dengan aplikasi bawaan windows? Dalam hal ini bukan menghapus, tapi menonaktifkan fitur-fitur yang tidak dibutuhkan. Caranya gampang, pada kolom search di start menu, ketik "Windows Features" tanpa tanda kutip, lalu enter. Kemudian hilangkan tanda centang pada fitur yang tidak anda butuhkan.

Bukankah kita dianjurkan untuk berhemat? Perangkat pun juga harus hemat, karena ujung-ujungnya uang. Jika PC/Laptop anda mudah error, nge-blank, sering macet, itu tandanya ada perangkat yang sudah stadium akhir. Gimana, anda mau hemat???

Seperti kata teman saya: "Hai orang-orang yang beriman, barang siapa diantara kamu sekalian sering ber-SMS ria, niscaya kamu akan tersiksa di hari pengisian pulsa"

Share On :

Note :
  • Gunakan bahasa ramah lingkungan. Link promo masuk Spam
  • Jika tidak memiliki akun disqus, silahkan login dengan akun media sosial anda.
  • Gunakan parse tool untuk style teks dan kode HTML.
Copyright © | Proudly powered by Blogger
DMCA.com Protection Status