Aplikasi Buku Keuangan Bendahara / Kas Umum Sekolah v4.00 Siap Cetak
Pemanfaatan Microsoft Office Excel

Pemanfaatan Microsoft Office Excel

Pemanfaatan Microsoft Office Excel

Pemanfaatan Microsoft Office Excel

Pengolah Lembar Kerja (Spread sheet) adalah aplikasi yang mengelola dokumen yang isinya lembar kerja, suatu dokumen yang diorganisasi dalam bentuk row (baris) dan column (kolom) yang membentuk Cell (sel). Pemroses lembar kerja yang lebih maju mampu pula mengorganisasi beberapa lembar kerja membentuk suatu “buku” (Workbook) yang terdiri dari beberapa lembar kerja (Sheet), misalnya Excel. Lembar kerja diorganisasi seperti tabel, namun salah satu kelebihan utama lembar kerja dari tabel biasa adalah proses kalkulasi yang dapat dilakukan secara otomatis.

Sel suatu lembar kerja dikenali dari alamat baris dan kolomnya, dan dapat berisi teks biasa, angka numerik atau formula. Dengan menyebutkan alamat sel, maka isinya langsung diacu sehingga misalnya dapat dipakai untuk perhitungan jika numerik. Alamat sel yang dapat berupa alamat absolut maupun relatif membebaskan pengguna untuk mendefinisikan ulang setiap kali ada penambahan atau penghapusan baris/kolom. Dengan mudah pemakai dapat berpindah-pindah dari satu sel ke yang lain dengan kursor dan melakukan aksi terhadap isi selnya.

Jika sel berisi teks, maka semua operasi terhadap teks dapat dilakukan pada sel tersebut. Pada Excel, teks juga dapat mempunyai operasi lebih dari teks murni, sehingga teks dianggap sebagai teks dalam dokumen, teks dapat mempunyai font dan operasi terhadap paragraph juga dapat dilakukan.

Jika sel berisi numerik, maka isinya dapat dipakai untuk perhitungan aritmatika. Selain operasi aritmatika, tersedia pula fungsi-fungsi standar yang dapat dipakai dalam formula. Fungsi yang tersedia dan sangat berguna di antaranya adalah fungsi-fungsi statistik, tabel look up.

Jika sel berisi rumus, maka secara otomatis kalkulasi dilakukan ulang jika isi rumus tersebut mengacu kepada isi suatu sel. Dengan menyimpan sebagai formula dan melakukan copy terhadap formula, maka nilai isi sel dapat secara otomatis dibangkitkan oleh aplikasi sehingga pengguna tidak perlu mengetik semuanya. Misalnya untuk membuat nomor urut suatu tabel dari 1 s/d 1000, cukup menuliskan formula bahwa isi sel tersebut adalah isi sel kolom yang sama dengan baris di atasnya ditambah satu. Formula ini di-copy, dan secara otomatis ke seribu baris bernomor urut 1 s/d 1000 tercipta dalam sekejab.

Isi sel dapat ditampilkan apa adanya, atau dalam bentuk-bentuk grafik (kurva, batang, pie). Dengan demikian, suatu data dapat ditambilkan dalam bentuk tabulasi maupun grafis. Dua cara tampilan untuk data yang sama ini seringkali sangat dibutuhkan untuk melakukan presentasi terhadap hasil.

Beberapa sel membentuk suatu range, dan dapat dioperasikan secara sekaligus. Range dikenali dari sel paling pojok kiri dan paling pojok kanan.

Data yang tersimpan dalam lembar kerja dapat pula dirurutkan berdasarkan primary key dan secondary key, sehingga dengan mudah pengguna dapat mendapatkan tampilan datanya sesuai dengan urutan tertentu.

Beberapa operasi dalam lembar kerja dapat diprogram, sehingga pengguna tingkat lanjut dapat membuat program yang disebut dengan macro.

Secara ringkas, jika dibutuhkan sekumpulan data yang dapat dimanipulasi dalam dua dimensi (baris dan kolom), dan dibutuhkan pula untuk melakukan kalkulasi serta proses statistik “sederhana”, maka pemroses lembar kerja adalah aplikasi yang tepat. Contoh pemakaian dari lembar kerja ini untuk berbagai keperluan.

Share On :

Note :
  • Gunakan bahasa ramah lingkungan. Link promo masuk Spam
  • Jika tidak memiliki akun disqus, silahkan login dengan akun media sosial anda.
  • Gunakan parse tool untuk style teks dan kode HTML.
Copyright © | Proudly powered by Blogger
DMCA.com Protection Status