Sekilas Tentang Akun Padamu Negeri

Sekilas Tentang Akun Padamu Negeri
Sekilas Tentang Akun Padamu Negeri

Sistem SIAP PADAMU negeri menggunakan mekanisme akun yang dikelola secara mandiri oleh para pemegang Akun. Setiap akun memiliki karakteristik dan hak akses layanan yang secara otomatis diatur berdasarkan tipe akun yang diberikan kepada pengguna.

Terdapat empat buah tipe akun yang dikenal dalam sistem SIAP PADAMU NEGERI yaitu :

  • Akun Institusi
  • Akun Individu Institusi
  • Akun Individu Publik
  • Akun Admin / Operator

Akun Institusi : Tipe akun ini bersifat tetap mengikat pada institusi. Tidak bisa dihapus/dinonaktifkan. Akun institusi ini diberikan kepada pimpinan institusi yang bersangkutan dan dapat didelegasikan kepada person yang ditunjuk oleh pimpinan institusi.
Format Akun Institusi adalah merupakan [ANGKA KODE INSTITUSI] yang diberikan oleh Sistem SIAP Online. Institusi yang berhak memiliki Akun Institusi yaitu :

Institusi Sekolah : Akun institusi diberikan melalui cetak Surat Aktivasi Akun kepada sekolah melalui LPMP atau Dinas Pendidikan Kota /Kabupaten setempat.
Institusi Dinas Pendidikan Kota dan Kabupaten : Akun institusi diberikan melalui cetak Surat Aktivasi Akun kepada Dinas Pendidikan Kota / Kabupaten melalui LPMP setempat.
Institusi LPMP : Akun institusi diberikan melalui cetak Surat Aktivasi Akun kepada Dinas Pendidikan Kota/ Kabupaten melalui Kementrian.

TIPS :
Untuk mendapatkan akun institusi, mintalah berdasarkan urutan jenjang struktur organisasi. Apabila anda pimpinan sekolah, mintalah akun Institusi kepada Dinas Pendidikan yang menaungi sekolah anda. Untuk anda pimpinan institusi Dinas Pendidikan, mintalah akun institusi pada LPMP yang menaungi institusi anda.

PERHATIAN:
Akun Institusi tidak dapat dilakukan untuk melakukan transaksi operasional Institusi. Angkat dan gunakan akun dengan Tipe Admin / Operator Institusi untuk melakukan transaksi operasinal institusi. Pengakatan dilakukan dengan menggunakan Akun Institusi dapat mendaftar untuk mendapatkan Akun Individu Publik di https://paspor.siap-online.com/registrasi.

Akun Individu Institusi : Tipe Akun ini bersifat personal bagi para anggota resmi yang terikat dengan institusi. Akun Individu Institusi diterbitkan oleh Admin / Operator Institusi terkait. Formatnya [ANGKA KODE INDIVIDU INSTITUSI] yang diberikan oleh sistem SIAP Online. Akun ini bersifat permanen dan unik antara setiap individu yang satu dengan individu lainnya. Individu yang memiliki hak untuk mendapatkan Akun Individu Institusi adalah :

Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) : Akun Individu Institusi diberikan kepada PTK oleh operator /admin sekolah setelah melalui proses verifikasi dan validasi sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Siswa : Akun Individu institusi diberikan kepada setelah melalui prosedur verifikasi dan validasi yang berlaku.
Akun Individu Publik : Tipe Akun ini bersifat personal publik tidak terikat dengan institusi manapun. Untuk mendaftarkan dan mengaktifkan tipe akun ini dilakukan melalui layanan SIAP Komunitas pada www.siapku.com (basis email individu). Anda

Akun Admin/Operator : Tipe Akun ini merupakan Akun Individu Publik atau Akun Individu Institusi yang didaftarkan dan diberi hak akses sebagai anggota grup Admin / Operator pada institusi oleh pengelola Akun Institusi

Update 3 maret 2016
Sekarang sudah mutasi ke simpatika tanpa merubah login yang ada di padamu negeri.
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya