Aplikasi Buku Keuangan Bendahara / Kas Umum Sekolah v4.00 Siap Cetak
Skripsi Metode Talking Stick Materi Pokok Persamaan Linear

Skripsi Metode Talking Stick Materi Pokok Persamaan Linear

Skripsi Metode Talking Stick Materi Pokok Persamaan Linear

Skripsi Metode Talking Stick Materi Pokok Persamaan Linear

Download contoh skripsi "peningkatan hasil belajar siswa melalui metode talking stick pada materi pokok sistem persamaan linear". Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

Pada awal mulanya matematika dipandang sebagai suatu pelajaran yang sulit dalam dunia pendidikan, namun pada dasarnya matematika sangat erat hubungannya dengan kehidupan sehari -hari, sebagaimana yang dikemukakan oleh Turmudi (2010: 2) bahwa : “Dari pandangan yang semula matematika dipandang sebagai ilmu pengetahuan yang ketat dan terstruktur secara rapi kepandangan bahwa matematika adalah aktivitas kehidupan manusia”.

Hal ini berpengaruh terhadap cara memperolehnya, yaitu dari penyampaian rumus–rumus, definisi, aturan, hukum, konsep, prosedur, dan algoritma, menjadi penyampaian konsep–konsep matematika melalui konteks yang bermakna dan berguna bagi siswa maupun bagi kehidupan pada umumnya.

Menurut Sukmadinata (2011: 24) “Pendidikan merupakan suatu kegiatan yang berintikan interaksi antara peserta didik dengan para pendidik serta berbagai sumber pendidikan”. Oleh karena itu dalam pendidikan, yang sangat berpengaruh adalah guru, karena guru memiliki peranan untuk mengembangkan kreatifitas berfikir yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir siswa, serta dapat meningkatkan kemampuan mengkontruksi pengetahuan baru sebagai peningkatkan penguasaan yang baik terhadap materi pembelajaran.

Oleh karena itu guru harus memahami hakikat materi pelajaran yang di ajarkannya sebagai suatu pelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berfikir siswa dan memahami berbagai metode pembelajaran yang dapat merangsang kemampuan siswa untuk belajar dengan perencanaan pengajaran yang matang oleh guru.


Berdasarkan pengamatan yang sudah didapat peneliti terhadap proses pembelajaran di SMA Negeri 3 Pamekasan, proses belajar mengajar di kelas masih kurang variatif. Guru lebih sering menggunakan metode konvensional atau hanya menggunakan metode tertentu, salah satunya menggunakan metode ceramah namun siswa kurang berperan aktif. Sesekali pernah diadakan metode diskusi untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa namun mereka kurang serius dan tidak semua siswa berperan pada saat kegiatan diskusi.

Situasi ini terlihat dari kondisi siswa di dalam kelas pada saat proses kegiatan belajar mengajar (KBM), 70% siswa mengabaikan pelajaran ketika proses KBM berlangsung diantaranya siswa lebih suka berbicara dan bercanda dengan teman yang berada di dekat mereka. Semua itu disebabkan oleh kejenuhan siswa dan kekurang mengertian siswa terhadap materi pelajaran yang berlangsung, khususnya pelajaran matematika. Untuk mengatasi kejenuhan tersebut, peneliti mencoba menerapkan metode Talking Stick.

Metode Talking Stick dapat mendorong siswa untuk berani mengemukakan pendapat. Dalam Talking Stick, guru tidak menerangkan/menjelaskan suatu materi namum siswa diminta untuk mempelajari sendiri suatu materi dengan waktu yang ditetapkan oleh guru. Kemudian guru membuat sebuah permainan, dimana dalam permainan itu ada pertanyaan yang diwajibkan siswa menjawab pertanyaan itu. Maka dari itu siswa harus sudah siap dengan materi tersebut.


Berdasarkan wawancara dengan guru matematika kelas X di SMA Negeri 3 Pamekasan, diperoleh informasi bahwa siswa kelas X IPA 3 mengalami kesulitan pada materi Sistem Persaman Linear khususnya pada submateri Penyelesaian Sistem Persamaan Linear. Pada materi Sistem Persamaan linear ini 23 siswa dari 38 siswa memperoleh nilai kurang dari 70, baik dari nilai tugas sehari-hari maupun nilai ulangan. Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengambil materi Sistem Persamaan Linear dalam penelitian.

Catatan: File ini semata-mata saya dapatkan dari teman-teman kuliah, Jika anda merasa pemilik file ini, silahkan hubungi kami melalui kontak yang tersedia!!!

Share On :

Note :
  • Gunakan bahasa ramah lingkungan. Link promo masuk Spam
  • Jika tidak memiliki akun disqus, silahkan login dengan akun media sosial anda.
  • Gunakan parse tool untuk style teks dan kode HTML.
Copyright © | Proudly powered by Blogger
DMCA.com Protection Status