Cara Memakai Mukena Dalam Islam
Cara Memakai Mukena Dalam Islam

Cara Memakai Mukena Dalam Islam


Masyarakat Muslimah dalam pemakaian mukena ketika salat, baik yang sepotong maupun yang dua potong, pada umumnya masih ada yag nampak (belum tertutup), yaitu pada bagian bawah dagu pergelangan tangan (saat diangkat), betis bagi wanita yang memakai rok atau kaos kali (ketika sujud).

Pertanyaan: Sudah cukupkah menutup aurat bagi Muslimah sebagimana digambarkan pada deskripsi masalah di atas?

Jawaban: Menurut pendapat yang kuat dalam mazhab Syafii, salat Muslimah dengan menutup aurat sebagaimana dimaksud hukumnya tidak sah. Akan tetapi dalam masalah terlihatnya pergelangan tangan dari arah bawah saat tangan lurus ke bawah terdapat khlilaf: menurut kitab al-Αâb dan pendapat Imam Ramli hukum salatnya sah. Demikian juga dalam masalah terlihatnya betis meurut sebagian ulama juga dianggap sah selama tidak terlihat dari arah samping.

Terkait : Kerudung paris warna putih
Selain itu menurut pendapat mazhab Hanafi, terlihatnya bagian anggota tubuh yang wajib ditutup apabila tidak melebihi seperempat, maka tidak membatalkan salat. Bahkan menutut salah satu pendapat dalam mazhab Maliki, hukum menutup aurat dalam salat adalah sunat, bukan tergolong syarat sahnya salat. Oleh karenanya bagi wanita Muslimah yang menggunakan mukena dengan risiko auratnya masih bisa terlihat, segaimana dimaksud dalam pertanyaan, diharapkan mengubah cara pemakaiannya, sehingga dapat menutup semua auratnya, atau dalam kondisi terpaksa dapat mengikuti beberapa pendapat sebagaimana penjelasan di atas.

Demikian Cara Memakai Mukena Dalam Islam semoga manfaat

Referensi : http://sidogiri.net/2015/02/cara-pemakaian-mukena/
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Hanya ahli tidur yang ingin berbagi saat bangun, itu saja!!!