Aplikasi Buku Keuangan Bendahara / Kas Umum Sekolah v4.00 Siap Cetak
Strategi Belajar Peta Konsep Prestasi Belajar Matematika

Strategi Belajar Peta Konsep Prestasi Belajar Matematika

Strategi Belajar Peta Konsep Prestasi Belajar Matematika

Prestasi Belajar Matematika

Dalam pendidikan pasti terjadi proses pembelajaran. Para peneliti menyatakan bahwa, pembelajaran adalah upaya pembimbingan terhadap siswa agar siswa itu secara sadar dan terarah berkeinginan untuk belajar dan memperoleh hasil belajar sebaik-baiknya, sesuai dengan keadaan dan kemampuan siswa yang bersangkutan. Proses pembelajaran dikatakan berhasil apabila siswa memperoleh prestasi belajar sesuai dengan yang diharapkan, penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru.

Agar prestasi belajar yang diperoleh optimal, siswa diharapkan berperan dominan dalam proses pembelajaran sedangkan guru hanya sebagai fasilitator yang mendukung agar proses pembelajaran berjalan dengan baik. Peran siswa yang dominan dan guru sebagai fasilitator juga diharapkan terjadi pada pembelajaran matematika.

Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan tegnologi. Matematika adalah suatu ilmu yang berkenaan dengan ide-ide atau konsep abstrak yang diberi simbol-simbol dan tersususn secara hierarkis serta penalarannya menggunakan strategi deduktif. Dalam belajar matematika peserta didik dituntut melakukan kegiatan mental yang tinggi dan dituntut untuk aktif agar proses belajar mengajar dapat tercapai secara maksimal.

Selama ini kita melihat kenyataan bahwa matematika pada umumnya merupakan mata pelajaran yang tidak disenangi anak dan salah satu pembelajaran yang dianggap sulit bagi sebagian siswa. Kesulitan ini tidak hanya disebabkan yang dianggap sulit oleh siswa akan tetapi juga mungkin disebabkan penggunaan strategi mengajar yang kurang tepat. Dalam proses pembelajaran matematika guru lebih banyak menerapkan pembelajaran konvensional.

Sedangkan pembelajaran konvensional adalah suatu pembelajaran yang dilakukan oleh guru, pembelajaran ini bersifat umum, yaitu dengan cara memberikan informasi tentang materi suatu mata pelajaran yang diikuti dengan tanya jawab dan pemberian tugas, penerapan pembelajaran konvensional ditandai dengan penyajian pengalaman yang ada kaitannya dengan konsep yang akan dipelajari, dilanjutkan dengan pemberian informasi oleh guru, tanya jawab, pemberian tugas oleh guru, pelaksanaan tugas oleh siswa sampai padaakhirnya guru merasa bahwa apa yang telah diajarkan dapat dimengerti oleh siswa. Pembelajaran konvensional didasarkan atas asumsi bahwa pengetahuan dapat dipindahkan secara utuh dari pikiran guru ke pikiran siswa.

Dari pengertian tersebut dapat dikatakan bahwa pembelajaran konvensional merupakan pembelajaran yang berpusat pada guru, guru sebagai sumber informasi, sehingga aktivitas siswa dalam pembelajaran kurang optimal. Siswa tidak dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran. Faktanya ketika proses pembelajaran berlangsung, siswa senantiasa menjadi pendengar setia kurang ada respon dari siswa. Jika hal tersebut tidak dicari pemecahannya maka akan mengakibatkan rasa bosan bagi siswa untuk mengikuti pembelajaran matematika dan mengakibatkan rendahnya prestasi belajar matematika siswa.

Kondisi fisik beberapa lembaga/sekolah swasta sudah memenuhi syarat dan layak sebagai lembaga pendidikan, sarana dan prasarananya sudah mumpuni walaupun tidak selengkap di sekolah-sekolh Negeri pada umumnya. Pada saat pembelajaran guru masih menggunakan model pembelajaran yang dalam Implementasinya guru menyampaikan materi pokok bahasan dan siswa mendengarkan serta menulis apa yang telah disampaikan oleh guru. Secara teoritis pembelajaran seperti ini kurang membuat siswa aktif sehingga siswa terkadang berbicara sendiri dan tidak mendengarkan pada saat guru menyampikan materi pelajaran. Oleh sebab itu prestasi belajar siswa kurang optimal.

Berdasarkan permasalahan tersebut perlu diupayakan inovasi dalam pembelajaran matematika, misalnya dengan menerapkan strategi pembelajaran yang lebih inovatif. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu strategi pembelajaran concept mapping tipe pohon jaringan strategi concept mapping; adalah ilustrasi grafis konkret yang menghubungkan sebuah konsep tunggal dengan konsep-konsep lain yang berkaitan.  Strategi pembelajaran concept mapping atau peta konsep adalah suatu strategi pembelajaran untuk memperlihatkan konsep-konsep dan proposisi-proposisi suatu materi.

Dengan membuat sendiri peta konsep siswa bisa melihat bidang materi ajar itu lebih jelas, dan mempelajarinya lebih bermakna.Berdasarkan beberapa pendapat tersebut, dapat dikatakan bahwa strategi pembelajaran concept mapping adalah ilustrasi grafis konkret yang menggambarkan hubungan sebuah konsep dengan konsep lainnya pada kategori yang sama dengan tujuan memperjelas materi yang diajarkan dan mempelajari materi tersebut lebih bermakna.

Share On :

Note :
  • Gunakan bahasa ramah lingkungan. Link promo masuk Spam
  • Jika tidak memiliki akun disqus, silahkan login dengan akun media sosial anda.
  • Gunakan parse tool untuk style teks dan kode HTML.
Copyright © | Proudly powered by Blogger
DMCA.com Protection Status