Contoh Format Analisis Kesalahan Siswa Saat Menyelesaikan Soal Ujian

Contoh Format Analisis Kesalahan Siswa Saat Menyelesaikan Soal Ujian

Contoh Format Analisis Kesalahan Siswa Saat Menyelesaikan Soal Ujian


Skripsi Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal. Adapun kesulitan siswa mamahami pelajaran matematika terlihat dari prestasi belajar siswa yang kurang memuaskan, sehingga respon terhadap matematika sangat kurang. Penyebab kesuliatan siswa dalam memahami matematika disebabkan karena siswa enggan untuk belajar dan berlatih mengerjakan soal yang sudah diberikan oleh seorang guru. Guru harus peka terhadap kondisi siswa yang demikian, maka guru harus memberikan motivasi kepada siswa, sehingga siswa yakin bahwa matematika merupakan pelajaran yang tidak menakutkan dan tidak sukar untuk dipelajari oleh siswa.

Dengan demikian dapat diuraikan bahwa rendahnya matematika yang kurang baik, bukan semata-mata karena ketidakberdayaan dan ketidakmampuan siswa dalam menerima dan memahami matematika tetapi kemungkinan hal ini terjadi sistem, metode penyampaian pengajaran yang kurang sesuai dengan pelajaran matematika, sehingga menyebabkan siswa kesulitan dalam mengerjakan soal-soal matematika sub pokok trigonometri maka untuk menghindari masalah tersebut melalui langkah-langkah dan proses tersendiri perlu dilakukan oleh siswa dalam megerjakan sebuah soal matematika yaitu dilakukan secara bertahap.

Tahap pertama diawali dengan menganalisa apa yang dilakukan yang ditanyakan, mencari rumus-rumus dalam matematika yang sesuai dengan permasalahan, kemudian yang terakhir setelah diselesaikan secara matematis maka dikembangkan lagi pada permasalahan semula.
Adapun kemampuan dalam menyelesaikan soal-soal matemaika yaitu dapat dilihat dari kemampuan siswa menyelesaikan setiap tahap penyelesaian.

Tetapi masih banyak siswa yang mengerjakan semuanya sering terjadi kesalahan dalam setiap langkah penyelesaian, kesalahan siswa tidak harus dari segi kebetulan saja tatapi sering kali kesalahan yang sama terjadi terus menerus dari tingkat dasar sampai tingkat yang lebih tinggi. Berdasarkan fenomina yang ada dilapangan masih banyak seorang guru yang belum memanfaatkan tes atau tugas-tugas yang diberikan kepada siswa umumya guru menulis jawaban benar dan salah. Bahkan dalam metode belajar matematika masih banyak yang sesuai sehingga menyebabkan ketidak mampuan siswa dalam mengejakan soal-soal.

Contoh Format Analisis Kesalahan Siswa Saat Menyelesaikan Soal Ujian

Baca juga:

Share On :