Aplikasi Buku Keuangan Bendahara / Kas Umum Sekolah v4.00 Siap Cetak
5 Cara Mudah Menghemat Kuota Pada Smartphone

5 Cara Mudah Menghemat Kuota Pada Smartphone

5 Cara Mudah Menghemat Kuota Pada Smartphone

5 Tips Menghemat Kuota Pada Smartphone

5 Cara Mudah Menghemat Kuota Pada Smartphone. Kecepatan jaringan semakin hari kian berkembang, sekarang ada 3G dan 4G yang membuat pengguna smartphone butuh kuota besar untuk memenuhi kebutuhan di internet. Namun, kadang punya kuota besar justru akan membuat anda makin asik internet-an, dan tanpa disadari kuota yang dimiliki pun terasa cepat habis.

Tentu hal itu sering terjadi pada kita yang aktif menggunakan smartphone. Apalagi jika di dalam ponsel terdapat banyak aplikasi yang dapat menyedot kuota secara otomatis. Lalu bagaimana solusi supaya tidak 'kecolongan kuota' yang terjadi pada smartphone?

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, ada tips bagi pengguna smartphone supaya bisa menghemat kuota internet, yuk simak kisah selanjutnya:

1. Gunakan Chrome Data Saver di aplikasi Chrome


Aplikasi ini memiliki fitur Chrome Data Saver yang bisa memangkas penggunaan kuota, dan akan mengurangi konsumsi data dengan mengkompresi seluruh lalu lintas data yang masuk ke smartphone sehingga bisa menghemat penggunaan data. Untuk mengaktifkan fitur ini, kita bisa masuk ke pengaturan Chrome lalu pilih opsi data saver dan atur ke posisi on.

2. Matikan fitur sinkronisasi pada ponsel Android


Mematikan fitur sinkronisasi akun Google adalah salah satu cara yang tepat untuk melakukan penghematan data. Dengan mematikannya, ponsel Android tidak akan melakukan sinkronisasi secara otomatis, yang akan menyebabkan kuota kamu berkurang tanpa disadari.

Masuk ke menu Settings lalu pilih opsi Account. Matikan sinkronisasi seperti kalendar dan Google Drive untuk menghemat kuota.

3. Batasi penggunaan kuota dengan fitur Data Usage


Membatasi penggunaan kuota dengan mengaturnya melalui menu Settings, lalu pilih Data Usage, kemudian centang opsi Set Data Limit.

Setelah melakukan langkah-langkah tadi, maka Anda akan melihat dua garis berwarna oranye dan merah. Garis berwarna oranye merupakan batas peringatan penggunaan data, dan garis merah adalah batas maksimal penggunaan data. Anda bisa menggeser kedua garis tersebut untuk kemudian diatur sesuai dengan keinginan Anda.

Apabila kuota yang digunakan telah mencapai batas, maka jaringan data akan dinonaktifkan secara otomatis.

4. Nonton video di YouTube secara Offline


Menonton video di ponsel via aplikasi YouTube menjadi kegiatan seru untuk menghabiskan waktu kosong. Apalagi kecepatan jaringan 4G dapat membuat kamu lupa waktu dan kecolongan kuota karena video yang tampil disajikan tanpa buffering. Namun, kini aplikasi YouTube memiliki fitur Offline, artinya kamu dapat memilih video tertentu yang diinginkan untuk ditonton tanpa menggunakan paket data.

Terlebih dahulu, hubungkan ponsel ke jaringan Wi-Fi hotspot. Buka aplikasi Youtube kemudian pilih video yang ingin kamu tonton. Lalu pilih opsi dengan gambar tanda panah kebawah dan pilih Add To Offline Video. Setelah video tersimpan, buka menu Settings dan di opsi Offline Video kamu dapat menonton video yang telah kamu simpan secara offline. Bahkan, kamu dapat menonton video tersebut saat ponsel dalam keadaan Airplane Mode.

5. Gunakan jaringan Wi-Fi saat melakukan update aplikasi


Setiap aplikasi yang terinstal di ponsel Android akan meminta untuk di-update secara otomatis. Jika tidak segera dihentikan, tentunya kuota akan cepat habis. Menggunakan jaringan Wi-Fi untuk update aplikasi merupakan cara yang ampuh untuk menghemat penggunaan kuota.

Untuk itu, yang harus kamu lakukan adalah masuk ke Google PlayStore. Kemudian pilih menu Settings, matikan opsi update aplikasi secara otomatis, pilih hanya menggunakan Wi-Fi. Dengan begitu, aplikasi yang ada di ponsel hanya akan melakukan update saat ponsel tersambung dengan jaringan Wi-Fi.

Memiliki kuota besar memang mengasyikan, namun tak ada salahnya jika kamu berhemat saat menggunakannya agar tak kehabisan paket data di saat-saat penting.

Referensi : http://blog.telkomsel.com

Share On :

Note :
  • Gunakan bahasa ramah lingkungan. Link promo masuk Spam
  • Jika tidak memiliki akun disqus, silahkan login dengan akun media sosial anda.
  • Gunakan parse tool untuk style teks dan kode HTML.
Copyright © | Proudly powered by Blogger
DMCA.com Protection Status