Aplikasi Buku Keuangan Bendahara / Kas Umum Sekolah v4.00 Siap Cetak
Download Skripsi Peningkatan Hasil Belajar Matematika

Download Skripsi Peningkatan Hasil Belajar Matematika

Download Skripsi Peningkatan Hasil Belajar Matematika

Peningkatan Hasil Belajar Matematika

Download Skripsi Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dalam Mengenal Pecahan Sederhana Melalui Penggunaan Media Gambar. Dalam file ini terdapat berbagai sarana pendukung seperti jurnal pembimbing, tes soal, dan lainnya.

Kegiatan belajar mengajar bidang studi matematika dianggap berhasil apabila antara guru dengan siswa terjadi interaksi yang baik dan aktif, yaitu interaksi antara siswa dengan guru, dan interaksi siswa.

Apapun metode yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran, ia berharap agar siswa selalu aktif dalam proses belajar mengajar, mereka berani mengungkapkan pendapatnya sendiri, baik dalam hal pelajaran yang belum dikuasainya, atau pendapat tentang konsep yang akan dipelajarinya, bahkan kalau memungkinkan siswa diberi kesempatan untuk menemukan sendiri tentang konsep, materi yang akan dibahas, baik melalui diskusi sesama siswa atau dengan jalan menemukan sendiri dengan mengejakan latihan soal-soal yang ada pada Lembar Kerja Siswa, yang pada akhirnya siswa dapat menarik kesimpulan sendiri dari apa yang didapatkan dalam proses pembelajaran yang telah dilaksanakan tersebut.

Kegiatan belajar mengajar sebagaimana dipaparkan di atas sangatlah ideal kalu diterapkan dalam kelas pembelajaran terutama pembelajaran matematika. Hal ini tersebut tidak berlaku di kelas III SDN Terrak II Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan, karena pembelajaran matematika yang telah dilaksanakan, khususnya pada pokok bahasan mengenal pecahan sederhana. Ketika diterangkan tentang bagaimana menentukan pecahan sederhana.

Ketika diterangkan tentang bagaimana menentukan pecahan sederhana, banyak siswa yang main sendiri dengan teman sebangku ketika diberi pertanyaan siswa acuh tak acuh terhadap pertanyaan yang diberikan, dan yang sangat mengecewakan adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi pembelajaran yang dilakukan, yang mencapai ketuntasan belajar hanya 6 orang (30%) dari 20 siswa yang ada.
Kenyataan diatas membuat peneliti ingin mengetahui inti permasalahan dan menyelesaikan secepatnya. Dengan meminta bantuan teman sejawat untuk ikut serta mengidentifikasi beberapa permasalahan dan kekurangan atas materi pelajaran yang telah disampaikan pada siswa kelas III di SDN Terrak II tersebut di atas, akhirnya diketahui beberapa permasalahan diantaranya :
  1. Konsep materi pelajaran yang disampaikan belum sepenuhnya dikuasai oleh siswa.
  2. Kurangnya siswa dalam merespon materi pelajaran yang disampaikan.
  3. Masih rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran.
Dan faktor penyebab dari masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran adalah :
  1. Penyampaian materi pelajaran tidak mampu menarik perhatian siswa, sehingga siswa cenderung acuh tak acuh bicara sendiri.
  2. Metode pembelajaran yang diterapkan kurang mampu mengaktifkan siswa.
  3. Tidak digunakannya media gambar pada pembelajaran di kelas.
  4. Pembelajaran kurang menarik minat siswa.

Share On :

Note :
  • Gunakan bahasa ramah lingkungan. Link promo masuk Spam
  • Jika tidak memiliki akun disqus, silahkan login dengan akun media sosial anda.
  • Gunakan parse tool untuk style teks dan kode HTML.
Copyright © | Proudly powered by Blogger
DMCA.com Protection Status