Aplikasi Buku Keuangan Bendahara / Kas Umum Sekolah v4.00 Siap Cetak
Download SPJ Bantuan Khusus Siswa Miskin

Download SPJ Bantuan Khusus Siswa Miskin

Download SPJ Bantuan Khusus Siswa Miskin

SPJ Bantuan Khusus Siswa Miskin

Dana Bantuan Khusus Siswa Miskin (BKSM) adalah salah satu manifestasi dari program kompensasi subsidi pendidikan (PKSP) yang ditujukan untuk membantu siswa memenuhi kebutuhan biaya sekolah yang duduk dibangku Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Luar Biasa Negeri dan Swasta di seluruh Indonesia.

Dari segi kepuasan penerimaan BKSM, tidak banyak aspek yang dinilai dapat memberikan kepuasan bagi pihak sekolah. Beberapa aspek yang dinilai tidak memuaskan adalah sistem pemantauan, penyaluran, pengaduan dan sistem Layanan. Pemantauan kurang memuaskan karena pada proses penyaluran dana tidak dilakukan pengawasan secara ketat dan penyaluran tidak sampai ke pihak sekolah tepat waktu.

Tugas kepala sekolah sebagai manajer operasional dalam kaitan dengan program BKSM adalah berupaya bagaimana sumber daya strategis yang berupa dana tersebut bisa diterima oleh pengguna (murid), yang tepat sasaran (miskin), tepat waktu, tepat jumlah, dan tepat penggunaan.

Upaya strategi dilakukan kepala sekolah dan jajarannya untuk mengupayakan semua murid miskin mendapat peluang yang sama mengikuti proses belajar mengajar dan diharapkan dapat meningkatkan output lulusan baik dari kualitas maupun kuantitas.

Salah satu jasa pelayanan dalam lembaga pemerintah yang tidak kalah penting adalah dalam bidang pendidikan dimana setiap warga negara indonesia memiliki hak dalam melaksanakan pendidikan.

Di Indonesia banyak anak yang putus sekolah karena kendala biaya padahal di Indonesia sendiri ada program wajib belajar 9 tahun dan sekarang Diknas menetapkan wajib belajar 12 tahun tetapi masih banyak anak putus sekolah sejak duduk dibangku SD maupun SMP karena kendala biaya.

Pada tahun 2008 dari total lulusan SMP/MTS se indonesia sebanyak 3,018 juta siswa 412,1 ribu siswa (14%) tidak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA/SMK/MA.

Salah satu upaya yang dilakukan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional (kemendiknas) dalam upaya menanggulangi masalah putus sekolah untuk tingkat SMA adalah program BKSM (Bantuan Khusus Siswa Miskin).

Share On :

Note :
  • Gunakan bahasa ramah lingkungan. Link promo masuk Spam
  • Jika tidak memiliki akun disqus, silahkan login dengan akun media sosial anda.
  • Gunakan parse tool untuk style teks dan kode HTML.
Copyright © | Proudly powered by Blogger
DMCA.com Protection Status