Hukum SMS Meresahkan Yang Sering Beredar

Hukum SMS Meresahkan Yang Sering Beredar
Hukum SMS Meresahkan Yang Sering Beredar

Kita tahu selama ini sering ada kiriman sms yang memastikan kita mendapat ini itu, padahal tidak ada kepastian dalam setiap apa saja yang akan menimpa kita. Kita berdoa tiap hari tidak langsung hari itu juga hasilnya, lah ini hanya menyebarkan sms saja gitu.

Saya sendiri atau bahkan anda juga sering / pernah menerima sms seperti ini, bahkan saya masih ingat sms ini pernah menyertakan nama KH. Abdurrahman Wahid (Gusdur), lucunya sms itu saya terima setelah 5 hari dari wafatnya Gusdur. hihihi... belum tahu dia yah...

Sehingga apapun isinya kita tidak perlu panik jika pun tidak punya pulsa, hehehe...
“….. Sms ini sebarkan ke 10 teman kamu, maka hari ini kamu akan mendapat 10 kebahagiaan tak terduga, dan bila tidak disebarkan kamu akan mendapat 10 bencana. sms ini anamah dari…..”
Pertanyaan :
Bagaimana hukumnya mempercayai sms dari seseorang seperti kejadian diatas?

Jawaban :
Haram, karena termasuk membenarkan sesuatu yang ghaib (tidak jelas) yang tidak memiliki dasar baik secara adat, akal, atau syara’. Begitu pula haram menyebarkan informasi yang masih belum jelas kebenarannya dan berpotensi meresahkan masyarakat.

Referensi : Fathul Bari I/124, Faidul Qadir V/3
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya