Aplikasi Buku Keuangan Bendahara / Kas Umum Sekolah v4.00 Siap Cetak
Pelabuhan Branta Pesisir Sarana Ekonomi Multi Fungsi

Pelabuhan Branta Pesisir Sarana Ekonomi Multi Fungsi

Pelabuhan Branta Pesisir Sarana Ekonomi Multi Fungsi

Pelabuhan Branta Pesisir Sarana Ekonomi Multi Fungsi

Dermaga Branta Pesisir merupakan sebuah pelabuhan yang mungkin anda sudah tahu, dengan panjang mencapai 1 kilometer lebih dari pantai. Pembangunan dermaga ini dilakukan tiga tahap dengan menelan biaya mencapai Rp. 94 Milyar. Dan diharapkan pelabuhan ini nantinya menjadi alat transportasi alternatif warga Pamekasan yang hendak bepergian menuju Probolinggo dan sebaliknya. Juga untuk dijadikan sebagai alat bongkar muat barang, walaupun saat ini belum memadai karena kedalaman laut masih kurang untuk kapal-kapal besar. Jadinya kapal besar dengan muatan mencapai puluhan ribu tidak bisa sepenuhnya bersandar di pelabuhan ini.

Pembangunan Pelabuhan Pesisir Pantai Branta, Kecamatan Tlanakan ini merupakan upaya penyempurnaan. Sebelumnya, pemkab Pamekasan bersana Pemkab Probolinggo sudah pernah melakukan uji coba pelayanan pelayaran penyeberangan cepat Pamekasan - Probolinggo itu pada 17 Februari 2008. Ketika itu, jadwal pelayanan dari Pamekasan (Pelabuhan Branta) menuju Probolinggo (pelabuhan Tanjung Tembaga) tiga kali dalam seminggu, yakni setiap hari Senin, Rabu dan Sabtu.

Karena tidak ada peminat, akibat fasilitas yang belum memadai, maka operasi pelayaran Pamekasan-Probolinggo itu akhirnya dihentikan, sehingga saat ini hanya ada aktifitas bongkar muat barang saja. Dan karena terminal barang belum selesai, jadinya dermaga ini hanya aktif dipakai bongkar muat garam saja.

Saat ini dermaga branta pesisir menjadi multi fungsi bagi masyarakat sekitar. Selain untuk bongkar muat barang, juga menjadi tempat sandar perahu para nelayan desa branta pesisir, dan tak kalah pentingnya nih juga menjadi tempat wisata memancing, rugi kalau anda tidak memancing disini,. Bahkan ada layanan penyewaan perahu dengan harga sewa per-24 jam berkisar Rp. 500.000 - 1.500.000 tergantung ukuran perahu.

Dermaga / Pelabuhan Branta bukan tempat ikan besar karena masih termasuk laut dangkal. Akan tetapi karena tempatnya yang asyik dan nyaman, menjadi sangat cocok untuk bersantai ria sambil memancing, biasanya yang ramai waktu malam hari karena termasuk tempat strategis untuk mancing cumi. Tapi bawa pancing sendiri ya karena tidak ada pelayanan penyewaan alat pancing di tempat ini.

Share On :

Note :
  • Gunakan bahasa ramah lingkungan. Link promo masuk Spam
  • Jika tidak memiliki akun disqus, silahkan login dengan akun media sosial anda.
  • Gunakan parse tool untuk style teks dan kode HTML.
Copyright © | Proudly powered by Blogger
DMCA.com Protection Status