Aplikasi Buku Keuangan Bendahara / Kas Umum Sekolah v4.00 Siap Cetak
Cara Menarik Minat Siswa Pada Mata Pelajaran Tertentu

Cara Menarik Minat Siswa Pada Mata Pelajaran Tertentu

Cara Menarik Minat Siswa Pada Mata Pelajaran Tertentu

Cara Menarik Minat Siswa Pada Mata Pelajaran Tertentu

Seorang guru tentu sudah banyak membaca tentang berbagai teori untuk menarik minat belajar siswa, bahkan mata pelajaran yang umumnya tidak disukai siswa sekalipun. Lalu bagaimana supaya siswa senang dan suka pada guru untuk mata pelajaran tertentu saja? Misalnya matematika atau lainnya.

Namun walaupun sudah banyak membaca segudang teori, pelaksanaannya tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kata guru saya “sesulit membalikkan telapak kaki”. Karena siswa yang dihadapi adalah siswa yang hidup ditengah berkembangnya teknologi yang semakin hari semakin menjadi-jadi. Sehingga bisa jadi siswa lebih tahu terhadap ilmu tertentu, jelas dari berbagai sumber yang ada disekitarnya.

Pada tingkat pendidikan tertentu, mata pelajaran sudah diatur sedemikian rupa untuk berbagai disiplin ilmu seperti yang tertuang dalam kurikulum pendidikan nasional.

Namun kenyataan yang terjadi, banyak siswa yang tidak menyukai mata pelajaran tertentu. Baik itu karena sulit dimengerti, terlalu banyak rumus, banyak menghafal, dan lain-lain. Yang pasti membuat kepala pusing 70 keliling. Bisa jadi faktor utama penyebab siswa tidak menyukai pelajaran tersebut karena faktor guru yang memegang kendali pembelajaran di dalam kelas.

Karena itulah, mungkin berikut ini bisa menjadi referensi sebagai acuan koreksi diri dalam meningkatkat minat belajar siswa:

1. Bereksperimen

Guru yang hebat dan pintar adalah mereka yang bisa mencari solusi atas masalah yang dihadapi sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya. Dengan begitu, saat guru mengajar saat itulah guru juga belajar.

2. Memikat siswa

Jika siswa sudah tertarik kepada guru (dalam arti positifnya) insya Allah siswa juga akan menyukai mata pelajarannya

3. Menjadi seniman

Seorang guru selalu memberikan yang terbaik dalam setiap pembelajaran kepada siswa, indah dan menarik dalam perhatian siswa. Gampangnya, guru harus lebih kreatif dalam berakting didepan kelas meski itu pelajaran yang sulit.

4. Memiliki media belajar

Media belajar sangat diperlukan dalam pembelajaran. Media belajar tidak harus yang modern seperti laptop, proyektor. Tapi juga bisa dari sesuatu yang sangat sederhana seperti kaca mata, jam tangan, sepatu, kertas warna, dan masih banyak lagi. Dalam artian, media belajar diperlukan supaya siswa lebih bisa memahami dan menyukai pelajaran tersebut.

Bagaimana? Simple kan? Jika siswa hidup dilingkungan kekinian, maka guru juga mengikuti arus kekinian juga supaya kegiatan pembelajaran bisa lebih maksimal.

Referensi: www.gurusd.net

Share On :

Note :
  • Gunakan bahasa ramah lingkungan. Link promo masuk Spam
  • Jika tidak memiliki akun disqus, silahkan login dengan akun media sosial anda.
  • Gunakan parse tool untuk style teks dan kode HTML.
Copyright © | Proudly powered by Blogger
DMCA.com Protection Status