Model dan Contoh RKM RKH RA TK Format Word / Doc

Model dan Contoh RKM RKH RA TK Format Word / Doc

Model dan Contoh RKM RKH RA TK Format Word / Doc


Perencanaan mingguan disusun dalam bentuk rencana kegiatan mingguan (RKM). RKM merupakan penjabaran dari perencanaan semester yang berisi kegiatan-kegiatan dalam rangka mencapai indikator yang telah direncanakan dalam satu minggu sesuai dengan keluasan pembahasan tema dan subtema. baca: download panduan guru RA TK

Perencanaan mingguan dapat disusun dalam bentuk, antara lain rencana kegiatan mingguan (RKM) model pembelajaran kelompok dan rencana kegiatan mingguan (RKM) model pembelajaran berdasar minat.

RKM model pembelajaran kelompok


a. Komponen RKM model pembelajaran kelompok adalah sebagai berikut:

  • Tema dan sub tema.
  • Alokasi waktu.
  • Aspek pengembangan.
  • Kegiatan per aspek pengembangan.

b. Langkah pengembangan RKM model pembelajaran kelompok :

  • Menjabarkan tema dan merinci subtema.
  • Membuat matrik hubungan antara tema, subtema dengan kegiatan.
  • Menjabarkan indikator menjadi kegiatan-kegiatan pada bidang pengembangan dalam program semester.

A. Perencanaan Harian


Perencanaan harian disusun dalam bentuk rencana kegiatan harian (RKH). RKH merupakan penjabaran dari rencana kegiatan mingguan (RKM). RKH memuat kegiatan-kegiatan pembelajaran, baik yang dilaksanakan secara individual, kelompok, maupun klasikal dalam satu hari. RKH terdiri atas kegiatan awal, kegiatan inti, istirahat/makan, dan kegiatan akhir.

1. Kegiatan awal


Kegiatan awal merupakan kegiatan untuk pemanasan dan dilaksanakan secara klasikal. Kegiatan yang dapat dilakukan antara lain, misalnya berdoa/mengucap salam, membicarakan tema atau subtema, dan sebagainya.

2. Kegiatan inti


Kegiatan inti merupakan kegiatan yang dapat mengaktifkan perhatian, kemampuan, sosial dan emosional anak. Kegiatan ini dapat dicapai melalui kegiatan yang memberi kesempatan kepada anak untuk bereksplorasi dan bereksperimen sehingga dapat memunculkan inisiatif, kemandirian dan kreativitas anak, serta kegiatan yang dapat meningkatkan pengertian-pengertian, konsentrasi dan mengembangkan kebiasaan bekerja yang baik. Kegiatan inti merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara individual/ kelompok.

3. Istirahat/Makan


Istirahat/Makan merupakan kegiatan yang digunakan untuk mengisi kemampuan anak yang berkaitan dengan makan, misalnya mengenalkan kesehatan, makanan yang bergizi, tata tertib makan yang diawali dengan cuci tangan kemudian makan dan berdoa sebelum dan sesudah makan. Setelah kegiatan makan selesai, anak melakukan kegiatan  bermain dengan alat permainan di luar kelas dengan maksud untuk mengembangkan motorik kasar anak dan bersosialisasi. Kegiatan ini disesuaikan dengan kemauan anak, anak makan kemudian bermain atau sebaliknya anak bermain terlebih dahulu kemudian makan.

4. Kegiatan akhir


Kegiatan akhir merupakan kegiatan penenangan yang dilaksanakan secara klasikal. Kegiatan yang dapat diberikan pada kegiatan akhir, misalnya membacakan cerita dari buku, mendramatisasikan suatu cerita, mendiskusikan tentang kegiatan satu hari atau menginformasikan kegiatan esok hari, menyanyi, berdoa, dan sebagainya.

baca: Contoh dokumen kurikulum RA TK

Rencana kegiatan harian (RKH) dapat disusun dalam bentuk, antara lain RKH model pembelajaran kelompok, RKH pembelajaran berdasarkan minat dengan sudut kegiatan, dan RKH pembelajaran berdasarkan minat dengan area. Silahkan download pada link berikut ini:

Model dan Contoh RKM RKH RA TK

Demikian dari kami, semoga bisa mambantu dan bermanfaat untuk pendidikan di Indonesia. Amin...

Share On :