Pedoman Dasar Operasional Penyusunan KTSP PAUD

Pedoman Dasar Operasional Penyusunan KTSP PAUD

Pedoman Dasar Operasional Penyusunan KTSP PAUD


Pedoman Dasar Operasional Penyusunan KTSP PAUD. Setiap satuan PAUD memiliki kewenangan dan keleluasaan untuk mengembangkan kurikulum di satuannya secara mandiri atau keleluasaan pengembangan kurikulum dalam bentuk KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) dengan mengacu kurikulum nasional sebagai kurikulum minimal.

Ketersediaan kurikulum pada suatu satuan pendidikan merupakan suatu keharusan, karena kurikulum merupakan jantung dari terselenggaranya seluruh kegiatan pendidikan atau pembelajaran di suatu satuan pendidikan. Kurikulum merupakan alat untuk membantu pendidik dan seluruh komponen satuan pendidikan dalam melakukan tugasnya serta memperlancar keseluruhan proses pembelajaran yang diselenggarakan.

Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan termasuk satuan pendidikan anak usia dini. Yang terdiri dari:

  1. Prinsip-Prinsip Penyusunan KTSP PAUD
  2. Prosedur Operasional Pengembangan KTSP
  3. Contoh Dokumen I dan II
  4. Format Penyusunan Visi, Misi, dan Tujuan Satuan PAUD
  5. Karakteristik KTSP
  6. Contoh struktur kurikulum PAUD

baca: Contoh anggaran dasar RA TK PAUD

Mengingat begitu penting dan besarnya kegunaan kurikulum, maka pengembangan kurikulum untuk satuan pendidikan anak usia dini harus dilakukan dengan hati-hati, cermat dan penuh bertanggung jawab. Satuan pendidikan PAUD menangani peserta didik pada kelompok usia potensial yang sekaligus sebagai usia kritis, yaitu usia emas (golden ages).

baca: Download contoh dokumen I kurikulum RA TK PAUD

Maka pihak-pihak yang terlibat dalam pengembangan kurikulum pendidikan anak usia dini harus merupakan orang-orang yang betul-betul peduli, mencintai dan bersedia sepenuh hati dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal. Sehingga cita-cita pembangunan pendidikan anak usia dini Indonesia, yaitu mengantarkan generasi yang cerdas komprehenship secara bertahap dan simultan dapat diwujudkan.

Untuk itu perlu disusun pedoman penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan PAUD atau KTSP PAUD sebagai acuan para pendidik, pengelola, penyelenggara dalam mengembangkan kurikulum yang efektif dalam menfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Aplikasi Buku Induk Siswa PAUD TK RA Format Excel

File: Pendma Kemenag Pamekasan | IGRA

Baca juga:

Share On :