Pedoman Pengelolaan Kelas PAUD TK dan RA Kurikulum 2013
Pedoman Pengelolaan Kelas PAUD TK dan RA Kurikulum 2013

Pedoman Pengelolaan Kelas PAUD TK dan RA Kurikulum 2013


Lingkungan adalah guru ketiga bagi anak. Dari lingkungan anak belajar banyak tentang kebersihan, kerapihan, disiplin, kemandirian, semangat pantang menyerah dan banyak hal lainnya. Karena itu lingkungan pada Pendidikan Anak Usia Dini harus direncanakan, ditata, dimanfaatkan, dan dirawat secara cermat agar mampu mendukung pencapaian hasil belajar yang telah ditetapkan bersama.

Lingkungan belajar baik di dalam maupun di luar mempengaruhi apa dan bagaimana anak belajar. Lingkungan yang mengundang, mendorong dan membantu anak bereksplorasi, bereksperimen, memanipulasi benda dan alat main secara bermakna, menyenangkan, dan menantang kemampuan berpikir mereka membuat kegiatan pembelajaran menjadi semakin menyenangkan.

Lingkungan belajar tidak selalu identik dengan banyaknya alat permainan yang dimiliki, tetapi terlebih penting adalah bagaimana agar anak dapat terlibat aktif di dalam lingkungan belajar tersebut. Tidak pula menjadi arif bila satuan PAUD yang terbatas luas halaman bermainnya tetapi diisi dengan alat permainan outdoor yang penuh sesak. Anggapan bahwa PAUD yang tidak memiliki alat bermain out door adalah Lembaga PAUD yang kurang bermutu, sudah harus ditinggalkan.

Untuk kepentingan tersebut, Pedoman Pengelolaan Kelas sebagai rangkaian pedoman penerapan kurikulum tahun 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Harapannya semoga pedoman ini dapat bermanfaat bagi penataan lingkungan belajar yang lebih baik.

Pedoman Pengelolaan Kelas PAUD TK dan RA Kurikulum 2013

File: Pendma Kemenag Pamekasan
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Hanya ahli tidur yang ingin berbagi saat bangun, itu saja!!!