Aplikasi Buku Keuangan Bendahara / Kas Umum Sekolah v4.00 Siap Cetak
Tips Memilih Makanan Minuman Yang Halal dan Baik

Tips Memilih Makanan Minuman Yang Halal dan Baik

Tips Memilih Makanan Minuman Yang Halal dan Baik

Tips Memilih Makanan Minuman Yang Halal dan Baik

Tips Memilih Makanan Minuman Yang Halal dan Baik. Pada prinsipnya semua makanan dalam islam halal, kecuali ada nash (dalil) shahl dan sharih ( tidak cacat makna dan jelas maknanya ) Halal adalah istilah bahasa Arab dalam agama Islam yang berarti "diizinkan" atau "boleh". Bagi orang Muslim, halal merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana perintah Allah Swt. dalam Al-Qur'an yang berbunyi:

"Hai sekalian manusia, makanan yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi. Dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguh-nya syaitan Itu adalah musuh yang nyata bagimu." (QS.Al-Baqarah: 168).

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kemampuan rekayasa dibidang pangan menyebabkan penemuan halal tidak sederhana. Maka pentingnya kita mengetahui:

Ciri-ciri Makanan dan Minuman Halal

Makanan Halal
  1. Semua makanan yang baik, tidak kotor dan tidak menjijikan.
  2. Semua makanan yang tidak diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya.
  3. Semua makanan yang tidak memberimu harat, tidak membahayakan kesehatan jasmani dan tidak merusak akal, moral, dan aqidah dll.
Minuman Halal
Minuman yang halal pada dasarnya dapat dibagi menjadi 4 bagian:
  1. Semua jenis air atau cairan yang tidak membahayakan bagi kehidupan manusia, baik membahayakan dari segi jasmani, akal, jiwa, maupun aqidah.
  2. Air atau cairan yang tidak memabukkan walaupun sebelumnya pernah memabukkan seperti arak yang berubah menjadi cuka.
  3. Air atau cairan itu bukan berupa benda najis atau benda suci yang terkena najis.
  4. Air atau cairan yang suci itu didapatkan dengan cara-cara yang halal yang tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam

Ciri-ciri Makanan dan Minuman Haram

Sesuatu itu menjadi haram karena memberi mudharat bagi kehidupan manusia seperti racun, barang-barang yang menjijikan dan sebagainya. Sesuai dengan Firman Allah surat Al-Maidah ayat 3 dan Al-An'am ayat 145:

"Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala." (QS.AI-Maidah : 3)

Jadi semua bangkai adalah haram kecuali bangkai ikan dan belalang. semua darah haram kecuali hati dan limpa.

Minuman yang Haram:
  1. Semua minuman yang memabukkan atau apabila diminum menimbulkan mudharat dan merusak badan, akal, jiwa, moral dan aqidah seperti arak, khamar, dan sejenisnya.
  2. Minuman dari benda najis atau benda yang terkena najis.
  3. Minuman yang didapatkan dengan cara-cara yang tidak halal atau yang bertentangan dengan ajaran Islam.

Berbelanja Makanan Halal dan baik

Halal dan Baik:
Segar, Bergizi dan menyehatkan seperti ikan, sayuran, daging ayam, daging sapi,dll.

Halal tidak Baik:
  • Mengandung zat pengawet
  • Mengandung zat pewama
  • Mengandung Pemanis
Contoh: Minuman bersoda, camilan, permen warna warni, mie instan dll

Banyak sekali jenis makanan yang dikemas dalam kaleng. Pilih yang menuliskan kata 'halal' secara jelas sekalipun jenisnya buah atau sayuran. Bila tak ada kata 'halal', baca secara seksama kandungan makanan yang tertera pada kemasan. Kata pork, ham, bacon adalah istilah yang kerap digunakan untuk mewakili makanan yang mengadung babi. Hindari juga makanan yang mengandung kata lard, tallow, dan animal oil.

Berikut ini kiat-kiat membeli ikan segar:

  1. Jika membeli ikan dalam keadaan utuh, ciri-ciri kesegarannya ialah: mata ikan bening/tidak buram, insangnya berwama merah tua dan berlendir serta tubuh ikan berlendir.
  2. Jika anda membeli ikan yang diiris tipis-tipis atau sudah dipotong-potong, yang perlu diperhatikan ialah: cium aroma daging ikan. Jika aromanya amis, berarti ikan itu segar.
  3. Tak ada salahnya membeli ikan yang masih dalam keadaan hidup. Jika tak memungkinkan, Anda harus memastikan reputasi toko/pasar yang menjUal ikan favorit Anda.

Tips Berbelanja Daging ayam

Sekarang ini wajib bagi kita supaya lebih berhati-hati dalam berbelanja daging ayam. Sebab sangat banyak dijumpai daging ayam dalam kondisi yang berbadan besar. Bila dimasak dagingnya men-ciut sesuai dengan aslinya.

Dalam hal ini ada beberapa tips cara memilih dan membeli daging ayam. seperti kulit ayam yang berwama putih bersih dan mengkilat dan tidak dijumpai memar, bau ayam yang spesifik, perhatikan pembuluh darah diseluruh tubuh tidak terlihat. Serabut otot berwarna agak pucat bekas tempat pemotongan dileher regangan-nya besar, dijual pada tempat-tempat yang memakai pendingin dan penutup serta tidak dijumpai bulu jarum pada daging ayam.

Share On :

Note :
  • Gunakan bahasa ramah lingkungan. Link promo masuk Spam
  • Jika tidak memiliki akun disqus, silahkan login dengan akun media sosial anda.
  • Gunakan parse tool untuk style teks dan kode HTML.
Copyright © | Proudly powered by Blogger
DMCA.com Protection Status