Cara Simple Mengunci Judul Tabel MS Excel Tetap Berada Diatas

Cara Simple Mengunci Judul Tabel MS Excel Tetap Berada Diatas
Cara Simple Mengunci Judul Tabel MS Excel Tetap Berada Diatas

Cara Simple Mengunci Judul Tabel MS Excel Tetap Berada Diatas. Dalam pembuatan file berbentuk tabel biasanya saya menggunakan MS Excel, entah itu untuk keperluan sekolah ataupun pribadi. Dengan menggunakan MS Excel, pembuatan tabel jauh lebih mudah dari MS Word yang masih harus insert table dan mengaturnya secara manual. MS Excel memberikan fitur lebih apalagi yang berkaitan dengan angka.

Setiap kita membuat tabel tentunya ada judul pada kolom paling atas yang jika kita scroll kebawah (jika file memanjang kebawah) judulnya akan ikut keatas, sehingga membuat kita lupa ini kolom untuk baris apa, nama alamat dll.

Namun ada trik untuk membuat judul tabel tidak ikut keatas saat kolom di scroll kebawah alias tetap kelihatan judulnya, dalam dunia blogging dikenal dengan istilah "position:fixed" yang biasa digunakan untuk header blog.

Oke langsung ke poin cara membuat atau mengunci judul tabel tetap berada posisi diatas layar. Ikuti langkahnya sebagai berikut:

  1. Saya anggap anda sudah membuat tabel dengan MS Excel
  2. Letakkan kursor pada baris dibawahnya baris judul tabel sebelah kiri
  3. Sedikit melirik keatas pada bagian menu, ada home, insert, page layout, formula, data, dll. Kelihatan kan?
  4. Kemudian silahkan klik menu View lalu klik Freeze Panes
  5. Ada sesuatu yang muncul tuh, klik Freeze Panes urutan paling atas.
  6. Sekarang coba scroll kebawah tabelnya dan selesai.
  7. Mudah toh? Seperti gambar animasi diatas

Sekarang judul tabel dalam keadaan position:fixed seperti header blog ini. Itu saja dari saya tentang Cara Simple Mengunci Judul Tabel MS Excel Tetap Berada Diatas, semoga dapat memberikan manfaat untuk kita semua. Selamat bekerja...
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya