Aplikasi Buku Keuangan Bendahara / Kas Umum Sekolah v4.00 Siap Cetak
Kenapa Komentar Kita Masuk Spam Disqus?

Kenapa Komentar Kita Masuk Spam Disqus?

Kenapa Komentar Kita Masuk Spam Disqus?

Kenapa Komentar Kita Terdeteksi dan Dimasukkan Ke Spam Oleh Disqus

Disqus merupakan sistem komentar yang sangat populer saat ini, bahkan para master juga menggunakan disqus. Setiap sistem komentar tentu memiliki kelebihan dan kekurangan baik itu komentar blogger atau disqus. Semuanya kembali ke masing-masing mau menggunakan blogger atau disqus. Menurut saya komentar disqus jelas lebih baik dari blogger karena disqus memiliki notifikasi pada setiap komentar / balasan komentar kita di blog orang lain.

Banyak para blogger mengeluh karena disqus tidak cepat muncul alias loadingnya berat katanya. Untuk loading saya rasa sama saja blogger dengan disqus, komentar blogger pun kadang tidak muncul. Jadi masalahnya bukan dari sistem komentarnya, tapi dari koneksi yang sudah stadium akhir.

Terlepas dari itu semua, disqus memiliki sistem deteksi spam otomatis yang sangat sensitif. Dalam hal ini tidak hanya komentar yang berupa link saja yang dianggap spam oleh disqus, tapi komentar yang kita anggap sah pun masuk ke spam juga (lihat gambar diatas). Kenapa bisa begitu ya? Berikut sedikit bocoran dari saya kenapa komentar kita sering masuk spam?

Komentar anda ditandai spam

Biasanya ini sering dilakukan oleh blogger pemula yang melakukan aktifitas blogwalking yang hanya mengharapkan kunjungan balik dari si admin tanpa membaca artikel langsung berkomentar "nice post, sangat manfaat gan, bagus banget artikelnya, thanks ya" atau nge-link sana-sini dan lain-lain, yang penting sudah meninggalkan jejak langsung close.

Komentar semacam ini membuat si admin males, geram karena belum kenal dan belum akrab langsung pake komen seperti itu. Bayangkan deh ibarat anda sedang memberikan pengetahuan kepada orang lain kemudian ada orang tak dikenal datang dan langsung bilang "bagus!!! hebat!!!". Dengan begitu lalu si admin memasukkan komentar anda ke spam.

IP atau username yang digunakan sudah ditandai sebagai spam oleh orang lain, lebih parah lagi jika sampai dimasukkkan ke Black List (daftar hitam sebagai penyebar spam). Sehingga secara otomatis disqus akan memberitahu bahwa pengguna dengan IP atau username tersebut adalah spam.

Identitas tidak jelas

Identitas dianggap lemah oleh disqus. Ini yang sering saya temui (lihat gambar) ada tanda tulisan  Low Rep  di sebelah kanan komentar. Biasanya ini terjadi pada admin blog yang tidak menggunakan komentar disqus, mereka punya akun disqus supaya bisa memberikan komentar di blog yang menggunakan disqus. Sehingga tidak memperhatikan kelengkapan identitas akun, kadang hanya login dengan akun sosmed. Disqus juga sensitif terhadap legalitas akun anda, jadi lengkapi identitas akun disqus anda supaya tidak dianggap ILEGAL.

Untuk admin blog sesekali kita (admin) periksa folder spam, lalu approve mereka yang kita anggap komentarnya aman supaya tidak dianggap spam lagi.

Itulah sekedar berbagi pengalaman kepada para sahabat semua.  Semoga bermanfaat...

Share On :

Note :
  • Gunakan bahasa ramah lingkungan. Link promo masuk Spam
  • Jika tidak memiliki akun disqus, silahkan login dengan akun media sosial anda.
  • Gunakan parse tool untuk style teks dan kode HTML.
Copyright © | Proudly powered by Blogger
DMCA.com Protection Status