Jangan Bersedih Kesulitan Bukan Alasan Muslimah Untuk Bersedih

Jangan Bersedih Kesulitan Bukan Alasan Muslimah Untuk Bersedih
Jangan Bersedih Kesulitan Bukan Alasan Muslimah Untuk Bersedih

Hikmah dari kesulitan sangatlah besar. Banyak dari muslimah yang tidak menyadarinya. Kesulitan itu adalah mutiara terpendam dalam kelangsungan hidup kita. Diantaranya kesulitan memuat hal-hal berikut ini

Kesulitan sebenarnya akan menguatkan hati, menghapus dosa, menghancurkan rasa ujub, dan menguburkan rasa sombong
Kesulitan akan meluruhkan kelalaian, menyalakan lentera dzikir, menarik empati sesama, menjadi do’a yang dipanjatkan oleh orang-orang yang soleh

Kesulitan merupakan wujud tunduk kepada tiran, merupakan sebuah menyerahan diri kepada Allah

Kesulitan merupakan sebuah peringatan dini, supaya upa untuk menghidupkan dzikir

Kesulitan merupakan upaya untuk menjaga hati dengan bersabar

Kesulitan merupakan persiapan untuk menghadap Sang Tuhan, dan sebuah sentilan untuk tidak cenderung kepada dunia, merasa aman dan tenang dengannya. Karena kelembutan yang tersembunyi itu jauh lebih besar, dosa yang ditutupi itu jauh lebih besar, dari kesalahan yang dimaafkan juga jauh lebih besar.

Berpikir dan Bersyukur . Ingatlah setiap nikmat yang Allah anugerahkan kepada anda. Karena Dia telah melipatkan nikmat-Nya dari ujung rampbut hingga ke bawah kedua telapak kaki. "jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan sanggup menghitungnya" (QS. Ibrahim: 34).

Kesehatan badan, keamanan negara, udara dan air, semuanya tersedia dalam hidup kita. Namun begitulah, Anda melihat dunia, tetapi tidak pernah menyadarinya. Anda menguasai kehidupan, tetapi tidak pernah mengetahuinya. "Dan, Dia menyempurnakan nikmat-Nya kepadamu lahir dan bathi" (QS. Luqman: 20)

Anda memiliki dua mata, satu lidah, dua bibir dua tangan dan dua kaki. Apakah Anda tidak menyadari nikmat luar biasa itu? "Maka nikmat Rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan?" (QS. Ar-Rahman 13)

Apakah Anda mengira bahwa, berjalan dengan kedua kaki itu sesuatu yang mudah? Sedangkan kaki seringkali menjadi bengkak bila digunakan jalan terus-menerus tanpa henti. Apakah Anda mengira bahwa berdiri tegak di atas kedua betis itu sesuatu yang menyenangkan, sedangkan keduanya bisa saja tidak kuat dan suatu ketika akan patah?.

Maka saadarilah, betapa hinanya diri kita manakala tertidur lena, ketika sanak saudara disekitar Anda masih ramai yang tidak bisa tidur karena sakit yang ditanggungnya? Pernahkah Anda merasa nista manakala dapat menyantap makanan lezat dan minuman dingin saat masih ramai orang di sekitar Anda yang tidak bisa makan dan minum karena sakit.

Coba pikirkan, betapa besar fungsi pendengaran, yang dengannya Allah menjauhkan Anda dari ketulian. Coba renungkan dan sentuhlah kembali mata Anda itu yang tidak buta. Ingatlah dengan kulit Anda yang terbebas dari penyakit lepra dan supak. Dan renungkan betapa dahsyatnya fumhsi akal Anda yang selalu sehat dan terhindar dari kegilaan yang menghinakan.

Apakah Anda ingin menukar mata Anda dengan emas sebesar gunung?  Menjual pendengaran Anda seharga perak satu bukit? Apakah Anda mau membeli istana-istana yang menjulang tinggi  dengan lidah Anda hingga Anda menjadi bisu? Maukah Anda menukar kedua tangan Anda dengan untaian mutiara sehinggalah tiada yang tersisa lagi untuk diri Anda sendiri?

Begitulah, sebenarnya Anda berada berada dalam kenikmatan tiada tara dan kesempurnaan tubuh, tetapi Anda tidak menyadarinya. Anda tetap merasa resah, suntuk, sedih dan gelisah meskipun Anda masih empunyai nasi hangat untuk disantap, air segar untuk diteguk, waktu yang tenang untuk tidur selenanya, dan kesehatan untuk terus dilakukan kebaikan didunia yang fana ini.

Anda seringkali memikirkan sesuatu yang tidak ada, sehingga Anda pun lupa mensyukuri yang terseia ada dihadapan mata. Jiwa Anda mudah tergoncang hanya karena kerugian materi yang mendera. Sesungguhnya Anda masih memegang kunci kebahagiaan, memiliki jembatan penghantar kebahagiaan, karunia-Nya, kenikmatan dan sebagainya. Maka pikirkanlah semua itu, dan kemudian sama-samalah kita bersyukur

"Dan, pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikannya" (QS. Adz-Dzariyat : 21)

Pikirkan dan renungkan apa yang terjadi pada diri, keluarga, rumah, pekerjaan, kesehatan, dan apa saja yang tersedia disekeliling Anda. Dan janganlah termasuk golongan. "Mereka mengetahui nikmat Allah, kemudian mereka mengingkarinya" (QS. An-Nahl : 83).
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya