Solusi / Cara Mengatasi Daftar Siswa Tidak Muncul di Simpatika

Solusi / Cara Mengatasi Daftar Siswa Tidak Muncul di Simpatika
Solusi / Cara Mengatasi Daftar Siswa Tidak Muncul di Simpatika

Sejak Kemenag merilis simpatika untuk keperluan data online madrasah di semua tingkatan. Baik itu profil madrasah, guru / ptk, jadwal mingguan, daftar kelas, dan daftar siswa. Semua itu harus di perbaharui / update setiap semester atau biasa kita sebut dengan VerVal Ajuan S25a, dan sebelum mencetak S25a semua guru / ptk harus aktif termasuk data siswa.

Namun terkadang data siswa yang sebelumnya sudah kita upload semester yang lalu, ternyata tidak muncul (biasanya jika tahun ajaran baru). Jika kita upload ulang data siswa, maka akan terjadi duplikat data siswa antara data lama dengan data yang akan kita upload pada semester ini.

Karena itu saya ingin sedikit berbagi kepada teman-teman guru / kepala madrasah / admin / operator madrasah untuk menghindari kebiasaan upload ulang data siswa supaya tidak terjadi duplikat di simpatika. Untuk mengatasi data siswa semester lalu tidak muncul, silahkan ikuti langkah paling mudah berikut ini: (juga bisa untuk menambah siswa baru pada tahun pelajaran baru)

  1. Pastikan anda sudah bisa login dengan akun operator / kepala madrasah, lalu pilih madrasah.
  2. Pilih Siswa & Alumni dibagian menu atas
  3. Sebelah kiri pilih Siswa > Daftar Siswa
  4. Kemudian klik unduh data siswa (icon panah kebawah)
  5. Selanjutnya anda tinggal upload lagi data yang tadi sudah unduh, jika ada data siswa baru tinggal menambahkan dibawahnya di file excel tadi.

Perlu diperhatikan bahwa kolom file excel yang akan di upload ke simpatika harus berupa format text dengan cara seperti ini:

  1. Blok semua kolom excelnya (Ctrl+A)
  2. Klik kanan > format cell
  3. Pada tab Number, pilih text lalu OK

Bagaimana, mudah kan? selesai dan selamat bekerja...
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya