Contoh RAPBM Bidang Kurikulum dan Pembelajaran

Contoh RAPBM Bidang Kurikulum dan Pembelajaran
Contoh RAPBM Bidang Kurikulum dan Pembelajaran
Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Madrasah (RAPBM) adalah rencana biaya dan pendanaan rinci untuk tahun pertama dan merupakan dokumen anggaran madrasah / sekolah resmi yang harus ditandatangani oleh Komite Madrasah / Sekolah dan Kepala Madrasah / Sekolah serta penanggungjawab perumusan RAPBM, untuk menjadi anggaran Pendapatan dan Belanja Madrasah bidang kurikulum dan pembelajaran.

RAPBM dibuat hanya untuk satu tahun anggran pelajaran mendatang dan terdiri dari 2 bagian yaitu Pendapatan dan Pengeluaran. RAPBM mencakup semua biaya dan pendapatan yang ada pada Rencana Anggaran Pendapatan dan Biaya Tahunan, khususnya untuk tahun anggaran mendatang. Pendapatan yang dicantumkan di RAPBM hanya mencakup dana dalam bentuk uang, baik yang akan diterima dan dikelola langsung oleh madrasah / sekolah.

Keterbukaan ini sangat penting agar tidak terjadi salah pengertian di antara masing-masing elemen. Ketika terjadi kemandekan program, entah karena kesulitan penerapan program atau kondisi dana yang kurang mencukupi, maka semua segera mengetahuinya dan berusaha untuk segera mengkondisikan hal tersebut.

Begitulah pentingnya keterbukaan dalam managemen madrasah / sekolah, khususnya terkait dengan penerapan RAPBM dalam proses pendidikan dan pembelajaran di madrasah. Segala kesulitan yang mungkin timbul dapat segera diatasi secara bersama-sama. Dan, yang jauh lebih penting adalah dengan keterbukaan ini, maka tidak ada saling curiga terhadap managemen yang diberlakukan di madrasah.

Keberadaan rencana anggaran dan belanja madrasah memang sedemikian rupa sehingga mampu menciptakan sebuah kegiatan yang tertata dan teratur. Dan, setiap elemen terkait, ikut memiliki sehingga secara aktif ikut berperan dalam pengkondisian managemen sehat di sekolah.

Contoh RAPBM Bidang Kurikulum dan Pembelajaran ini bisa anda lihat pada preview dibawah ini:


Untuk itu, silahkan anda bisa men-download pada link dibawah ini

Contoh RAPBM Bidang Kurikulum dan Pembelajaran
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya