Tujuan dan Manfaat Rencana Kerja Tahunan Madrasah

Tujuan dan Manfaat Rencana Kerja Tahunan Madrasah
Tujuan dan Manfaat Rencana Kerja Tahunan Madrasah

Peningkatan kualitas sumber daya menusia merupakan prasyarat mutlak untuk mencapai tujuan pembangunan. Salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas SDM tersebut adalah pendidikan sehingga kualitas pendidikan harus senantiasa ditingkatkan termasuk peningkatan kualitas pendidikan di MIS Al-Madani Desa Branta Tinggi Kecamatan Tlanakan Pamekasan.

Sejalan dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan anaknya, Madrasah ini memerlukan peningkatan dan pengembangan dalam berbagai aspek, misalnya dalam hal kesiswaan, kurikulum dan kegiatan pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan serta pengembangannya, sarana dan prasaran, keuangan dan pembiayaan, budaya dan lingkungan Madrasah, peran serta masyarakat dan kemitraan, dalam pendidikan, serta lain-lain.Berdasarkan kondisi tersebut, maka perlu kiranya dilakukan upaya penyusunan Rencana Kerja Tahunan Madrasah ( RKTM ) agar Madrasah memiliki rambu-rambu yang bisa dijadikan landasan dalam pengelolaan program, implementasi, memonitoring dan evaluasi yang baik, terstruktur dan terukur.

Rencana Kerja Tahunan MIS Al-Madani tahun 2016/2017 ini disusun bardasarkan :


  1. Hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan RAPBM tahun 2015/2016.
  2. Pelaksanaan rencana program dan kegiatan RKM tahun 2016 – 2017.
  3. disesuaikan dengan Permendiknas No. 19 tahun 2007 tentang Rencan Kerja Tahunan Madrasah ( RKTM ) yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan Anggaran Madrasah (RKAM). Berkaitan dengan uraian di atas, maka RKTM ini memuat pendahuluan, profil, harapan program kerja tahunan Madrasah, rencana anggaran Madrasah, dan penutup.

Tujuan Penyusunan RKTM


  1. Membantu Madrasah dalam membelanjakan anggaran secara bijaksana untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam satu tahun.
  2. Membantu Madrasah dalam merespon tuntutan partisipasi masyarakat, dan
  3. Membantu Madrasah dalam meningkatkan ketrbukaan dan akuntabilitas.

Manfaat RKTM


  1. Sebagai acuan bagi Madrasah untuk mencapai terget-target peningkatan kualitan pendidikan yang akan dicapai dalam jangka pendek.
  2. Dapat digunakan sebagai panduan bagi Madrasah dalam memanfaatkan subssdi baik subsidi dari pemerintah maupun dari nanpemerintah.
  3. Sebagai sumber inspirasi bagi seluruh warga Madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran, dan
  4. Sebagai tolak ukur bagi keberhasilan implementasi berbagai program peningkatan mutu pendidikan di Madrasah.
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya