Mengganti Font Awesome Dengan Icon SVG Loading Lebih Cepat

Mengganti Font Awesome Dengan Icon SVG Loading Lebih Cepat
Mengganti Font Awesome Dengan Icon SVG Loading Lebih Cepat

Kemarin sejak mas +Adhy Suryadi membuat postingan tentang cara menggunakan icon SVG (Scalable Vector Graphics) langsung saya praktek pada blog ini untuk mengganti semua icon font awesome dengan icon SVG ini supaya loading blog lebih super cepat karena tidak perlu me-load script js eksternal dan muncul bersamaan dengan teks postingan, apalagi icon SVG ini memiliki banyak pilihan.

Sebetulnya masih ada pilihan lain selain icon SVG ini yaitu material icon milik google sendiri namun belum banyak pilihan icon yang tersedia, mungkin kedepannya google akan menambah icon untuk bisa digunakan secara maksimal pada blog.

Dengan menggunakan icon SVG ini browser hanya me-load icon yang kita gunakan saja, misalnya blog ini hanya menggunakan icon home, media sosial, author, label/tag, kalender, dan navigasi maka hanya icon itu saja yang diload oleh browser. Jika kita menggunakan icon dengan script js eksternal yang berisi semua icon lengkap, maka akan ada banyak icon yang tidak terpakai tapi tetap ter-load oleh browser.

Dengan kata lain blog ini sudah tidak menggunakan font awesome lagi, terbukti loading lebih cepat. Sekarang bagaimana dengan anda? ya itu terserah anda sih alias gak ikut-ikutan. Namun jika anda ingin menggunakan icon SVG ini, bisa anda simak tutornya di blog kompiaiab.com
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya