Panduan Penilaian Terbaru Untuk SMP MTs Kurikulum 2013 Permendikbud 2016

Panduan Penilaian Terbaru Untuk SMP MTs Kurikulum 2013 Permendikbud 2016

Panduan Penilaian Terbaru Untuk SMP MTs Kurikulum 2013 Permendikbud 2016


Hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013 tingkat SMP pada 2014 menunjukkan bahwa salah satu kesu­litan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 adalah dalam melaksanakan penilaian. Sekitar 60% respon­den pendidik menyatakan, mereka belum dapat merancang, melaksanakan, mengolah, melaporkan, dan memanfaatkan hasil penilaian dengan baik.

Kesulitan utama yang dihadapi pendidik: merumuskan indikator, menyusun butir -butir in­strumen, dan melaksanakan penilaian sikap dengan berbagai macam teknik. Selain itu, banyak di antara pendidik yang kurang percaya diri dalam melaksanakan penilaian keteram­pilan. Mereka belum sepenuhnya memahami bagai mana me­nyusun instrumen dan rubrik penilaian keteram pilan

Panduan penilaian ini mencakup: konsep penilaian; penilaian oleh pendidik yang meliputi penilaian aspek sikap, penilaian aspek pengetahuan, dan peni­laian aspek keterampilan; dan penilaian oleh satuan pendidikan.

Panduan penilaian ini memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan berkaitan dengan hal-hal berikut:

  • Merencanakan, mengembangkan instrumen, dan melaksanakan penilaian hasil belajar.
  • Menganalisis dan menyusun laporan, termasuk mengisi rapor serta me­manfaatkan hasil penilaian.
  • Menerapkan program remedial bagi peserta didik yang belum mencapai KKM, dan program pengayaan bagi peserta didik yang telah mencapai ke­tuntasan belajar minimal.
  • Melaksanakan supervisi penilaian.

Seperti itulah sekilas penjelasan dari Nom Ifrod tentang Panduan Penilaian Terbaru Untuk SMP MTs Kurikulum 2013 Permendikbud 2016. Selanjutnya silahkan anda unduh pada link dibawah ini:

Panduan Penilaian Terbaru Untuk SMP MTs Kurikulum 2013

Baca juga:

Share On :