Buku Panduan Penyusunan SOP PAUD TK RA Terbaru

 Buku Panduan Penyusunan SOP PAUD TK RA Terbaru
 Buku Panduan Penyusunan SOP PAUD TK RA Terbaru

Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini memuat 16 sikap yang diharapkan menjadi kompetensi anak, yakni (1) memercayai adanya Tuhan, (2) menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan, (3) berperilaku hidup sehat, (4) memiliki sikap ingin tahu, (5) kreatif, (6) estetis, (7) percaya diri, (8) disiplin, (9) sabar, (10) mandiri, (11) peduli, (12) toleran, (13) jujur, (14) bertanggung jawab, (15) menyesuaikan diri, (16) rendah hati dan santun.

Sesuai dengan cara belajar anak yang peniru, pembentukan sikap harus dimulai dari guru sebagai model perilaku. Keajegan perilaku guru dalam membentuk sikap membantu anak memahami lebih mudah apa dan bagaimana berperilaku sesuai dengan sikap yang diharapkan. Untuk keperluan tersebut seharusnya satuan PAUD membuat atau menyusun Standar Operasinal Prosedur (SOP) kegiatan yang di dalamnya memuat nilai-nilai sikap yang ingin terbentuk pada anak.

Dalam upaya memudahkan guru menyusun SOP di satuan PAUD-nya, disusunlah Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Satuan Pendidikan Anak Usia Dini yang diterapkan dalam kegiatan harian satuan PAUD masing-masing.

SOP adalah langkah-langkah yang harus diikuti untuk menjalankan suatu pekerjaan dengan berpedoman pada tujuan yang harus dicapai. SOP merupakan acuan kerja dari sumber daya manusia yang ada di satuan pendidikan untuk melaksanakan kegiatan yang akan mewujudkan visi dan misi lembaga.

SOP memiliki tahapan atau tata cara yang sifatnya baku dan harus dilalui untuk menyelesaikan suatu proses kerja tertentuSOP menjadi sistem yang memberikan pedoman kerja, kapan, di mana, oleh siapa dan cara bagaimana kegiatan dijalankan terutama yang bersifat rutin dan habituasi. Kegiatan dilakukan guru secara rutin dan terus berulang sehingga menjadi  pembiasaan dan keteladanan.

Setiap satuan PAUD diwajibkan membuat SOP sebagai pengendali pelaksanaan kurikulum. SOP ini ditujukan agar keseluruhan praktik pembelajaran di setiap satuan PAUD dapat dilaksanakan secara optimal dan berkualitas.

SOP Pembelajaran merupakan langkah-langkah untuk menjalankan pembelajaran PAUD dalam mencapai semua kompetensi inti (sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan) dan standar tingkat pencapaian perkembangan anak.

Karena itulah, maka disusun buku panduan dalam pengembangan SOP untuk pendidikan anak usia dini yang meliputi beberapa hal berikut ini:

  1. Apa, Mengapa dan Bagaimana Standar Operasional Prosedur
  2. Apa Pengertian SOP
  3. Apa Tujuan SOP
  4. Apa Fungsi SOP
  5. Mengapa perlu SOP
  6. Apa Syarat SOP
  7. Siapa yang membuat SOP
  8. Kapan SOP diperlukan
  9. Bagaimana Menyusun SOP
  10. Cara Penyusunan
  11. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat SOP
  12. Contoh Cara Memanfaatkan SOP
  13. Jenis dan Daftar SOP Di Satuan PAUD
  14. Apa SOP yang bersifat khusus

Untuk lebih lengkapnya silahkan anda unduh file pdf dari Nom Ifrod tentang Buku Panduan Penyusunan SOP PAUD TK RA pada link dibawah ini:

 Buku Panduan Penyusunan SOP PAUD TK RA Terbaru

Demikian dari kami, semoga bermanfaat...
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya