Pedoman Pengelolaan Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013

Pedoman Pengelolaan Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013
Pedoman Pengelolaan Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013

Perhatikan Karakteristik Kurikulum 2013 PAUD. Kurikulum PAUD menggunakan pembelajaran tematik dengan pendekatan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan dalam pemberian rangsangan pendidikan. Kurikulum sebagai program pengembangan bagi anak mampu mengembangkan semua potensi anak agar menjadi anak yang kompeten.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan di PAUD. Guru perlu memperhatikan cara anak usia dini belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran PAUD. Anak usia dini belajar secara bertahap dengan cara berpikir yang khas. Ia mampu belajar dengan berbagai cara, dan ia belajar dari proses interaksi dengan lingkungannya. Pada prinsipnya anak belajar melalui bermain. Hal ini sesuai dengan perkembangan anak, yang menjadikan bermain sebagai kebutuhan anak.

Bermain membuat anak menjadi pembelajar aktif, dan memungkinkan anak menjadi makin kreatif. Selain itu, dalam kegiatan bermain yang didukung lingkungan yang kondusif, anak sesungguhnya juga belajar mengembangkan nilai-nilai karakter. Saat bermain, anak belajar berbagi, peduli, kerjasama, bertanggungjawab, dll.

Penanaman nilai-nilai karakter untuk anak usia dini akan terjadi dengan sendirinya pada saat anak praktek langsung dan melihat model/teladan dari orang lain. Di sinilah dukungan dari lingkungan yang kondusif diperlukan dalam pembentukan karakter anak.

Dengan memanfaatkan media dan sumber belajar yang mudah ditemukan anak, serta dukungan dari fasilitator (dalam hal ini guru), maka anak dapat berlajar secara optimal. Dukungan yang dapat diberikan guru berupa:

  • Guru memberi mereka kesempatan untuk mencoba/mengeksplorasi dan menggunakan berbagai obyek/bahan dengan cara yang beragam.
  • Guru memberi dukungan dengan pertanyaan (dan atau bimbingan) yang tepat.
  • Guru menghargai setiap usaha dan hasil karya anak dengan tidak membandingkan dengan anak lainnya.

Pendekatan pembelajaran yang menyenangkan adalah proses pembelajaran yang dirancang agar anak secara aktif dapat mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan, baik terkait diri sendiri, lingkungan, atau kejadian. Penerapan pendekatan pembelajaran yang baik akan menumbuhkan kemampuan berpikir anak. Salah satu pendekatan pembelajaran tersebut adalah pendekatan saintifik.

  • Bagaimana Mengelola Pembelajaran di PAUD
  • Perhatikan Karakteristik Kurikulum 2013 PAUD
  • Hal-hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan di PAUD
  • Apakah yang Dimaksud Pendekatan Saintifik
  • Mengapa Perlu Pendekatan Saintifik
  • Cara Belajar Anak Usia Dini
  • Prinsip Pembelajaran PAUD
  • Kapan Pendekatan Saintifi k dapat Dialami Anak
  • Seperti Apa Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik
  • Bagaimana Proses Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran di PAUD

Bagaimana masih kurang? silahkan unduh file pdf dari Nom Ifrod tentang Pedoman Pengelolaan Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013 pada link dibawah ini:

Pedoman Pengelolaan Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013

Demikian dari kami, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Amin...
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya