Contoh Format Catatan Harian Dalam Penilaian PAUD TK RA Kurikulum 2013

Contoh Format Catatan Harian Dalam Penilaian PAUD TK RA Kurikulum 2013

Contoh Format Catatan Harian Dalam Penilaian PAUD TK RA Kurikulum 2013


Catatan harian mirip dengan catatan anekdot, tetapi lebih panjang. Pengamat secara obyektif menuliskan segala sesuatu secara naratif. Catatan harian mencatat segala hal yang dilakukan dan diucapkan anak pada saat anak bermain dalam rentang waktu tertentu (misalnya 15 menit atau 30 menit). Catatan harian secara khusus dapat membantu guru dalam menganalisa perkembangan keterampilan sosial atau masalah perilaku. Catatan harian juga dapat difokuskan pada area tertentu misalnya bagaimana seorang anak belajar menulis / membaca.

Perhatikan bahwa catatan harian Berupa catatan tentang apa yang kita lihat atau dengar bukan asumsi atau interpretasi, Obyektif dan Akurat antara lain (perkataan, gerakan tubuh, ekspresi wajah, hasil yang dibuat anak). Dan hindari penggunaan kata yang subyektif dan ambigu (ketidakjelasan makna / bermakna ganda), Selalu tuliskan waktu dan tempat kejadian berlangsung, Lakukan secara bergiliran pada anak-anak tertentu menurut kesanggupan guru.

Ciri-ciri penilaian yang baik


  1. Mengandung pemahaman yang penting tentang perkembangan anak
  2. Terhubungkan dengan kurikulum
  3. Sesuai dengan sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diukur
  4. Menghargai keberagaman dari kemampuan anak.
  5. Tidak menghabiskan waktu

Demikian saja dari Nom Ifrod tentang Contoh Format Catatan Harian Dalam Penilaian PAUD TK RA Kurikulum 2013 seperti pada gambar diatas, semoga bisa memberikan manfaat untuk anak didik kita generasi penerus bangsa. File lengkapnya bisa anda unduh pada link dibawah ini:

Download
Dilarang mengcopy paste isi postingan ini kecuali menyertakan sumber berupa url postingan ini, terima kasih.

Share On :

Copyright © | Proudly powered by Blogger