Pedoman / Panduan Model Pembelajaran PAUD TK RA Kurikulum 2013

Pedoman / Panduan Model Pembelajaran PAUD TK RA Kurikulum 2013

Pedoman / Panduan Model Pembelajaran PAUD TK RA Kurikulum 2013


Pedoman / Panduan Model Pembelajaran PAUD TK RA Kurikulum 2013. Setiap anak berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya. Berhak mendapatkan pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia. Pemenuhan kebutuhan dasar dan pendidikan serta manfaatnya haruslah memadai. Berbekal hal tersebut seorang anak kelak dapat membangun dirinya menjadi manusia berguna baik untuk diri sendiri maupun masyarakat.

Setiap anak tentu telah dibekali potensi yang luar biasa sejak kecil. Potensi-potensi itu harus dikembangkan dan digali dengan cara pemberian stimulasi yang sesuai. Oleh sebab itu, sebaiknya setiap anak berhak mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan bakat yang dimilikinya sesuai dengan minatnya tanpa adanya unsur-unsur paksaan di luar dirinya.

Secara umum tujuan pendidikan anak usia dini adalah mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Adapun tujuan penyusunan buku ini adalah sebagai acuan bagi pendidik PAUD agar dapat mengimplementasikan dan mengembangkan model-model pembelajaran sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran di PAUD.

Pembelajaran inovatif: merupakan bentuk pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan dapat memfasilitasi perkembangan dan kebutuhan anak. Bentuk pembelajaran inovatif menggabungkan atau mengkolaborasikan beberapa aspek penting yang dapat memperkaya isi pembelajaran menjadi suatu yang baru.

Model Pembelajaran: suatu desain atau rancangan yang menggambarkan proses rincian dan penciptaan situasi lingkungan yang memungkinkan anak berinteraksi dalam pembelajaran, sehingga terjadi perubahan atau perkembangan pada diri anak.

Pembelajaran Terpadu: proses pembelajaran dengan melibatkan/ mengaitkan berbagai bidang studi. Pemilihan model keterpaduan dalam pembelajaran disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, karakteristik dari konsep ilmu yang akan dipelajari, karakteristik siswa serta kebermaknaan bagi siswa.

Pengembangan pembelajaran merupakan sebuah proses yang berkelanjutan, yang dituangkan dalam bentuk penyusunan program semester, program rencana kegiatan mingguan (RKM), dan rencana kegiatan harian (RKH), yang disesuaikan dengan model pembelajaran yang digunakan dan karakteristik tumbuh kembang anak.

Buku ini menguraikan tentang pengembangan model pembelajaran di PAUD dan beberapa contoh pelaksanaan model pembelajaran untuk dijadikan acuan dalam melaksanakan pembelajaran di PAUD, namun pendidik dapat mengembangkan sendiri sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah.

Selain itu, isi buku panduan model pembelajaran PAUD ini sebagai berikut:
  1. Pengertian Pembelajaran
  2. Prinsip-Prinsip Pembelajaran
  3. Pembelajaran Terpadu di PAUD
  4. Model Pembelajaran dengan Pendekatan Kelompok
  5. Model Pembelajaran dengan Pendekatan Sudut
  6. Model Pembelajaran dengan Pendekatan Area
  7. Model Pembelajaran dengan Pendekatan Sentra
  8. Perencanaan Semester
  9. Perencanaan Bulanan
  10. Perencanaan Mingguan
  11. Perencanaan Harian

Begitulah dari Nom Ifrod sekedar berbagi tentang Model Pembelajaran PAUD TK RA Kurikulum 2013 yang selengkapnya bisa di unduh pada link di bawah ini:

Pedoman Model Pembelajaran PAUD TK RA Kurikulum 2013
Referensi: http://paudjateng.xahzgs.com

Baca juga:

Share On :