Aplikasi Instrumen Penilaian Kompetensi Guru Format Excel Tanpa Protek

Aplikasi Instrumen Penilaian Kompetensi Guru Format Excel Tanpa Protek

Aplikasi Instrumen Penilaian Kompetensi Guru Format Excel Tanpa Protek


Pendidikan tidak hanya sekedar hal terpenting untuk mencerdaskan bangsa, tapi juga sebagai syarat utama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat indonesia khususnya. Maka untuk bisa melaksanakan peroses pendidikan seerti yang diinginkan UUD 1945, diperlukan guru yang profesional sebagai unjung tombak pendidikan berkualitas di sekolah / madrasah.

Penilaian Kinerja Guru (PKG) termasuk suatu cara untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dengan adanya pengakuan dan mendorong tumbuhnya kinerja yang baik, mengidentifikasi area untuk pengembangan, dan peningkatan kinerja guru secara keseluruhan. Penilaian Kinerja Guru (PKG) adalah Proses penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir kepangkatan dan jabatan,  dan peningkatan mutu pendidikan. Dilakukan setiap tahun di sekolah / madrasah oleh kepala sekolah atau guru senior yang ditunjuk oleh kepala sekolah, atau pengawas untuk menilai kepala sekolah (telah memahami proses PK GURU).

Penilaian kinerja guru dilakukan 2 kali dalam setahun (formatif dan sumatif) menggunakan instrumen yang didasarkan kepada:

  • 14 kompetensi  bagi guru kelas dan/atau mata pelejaran
  • 7 kompetensi  bagi guru BK/konselor
  • pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah (Kepsek, Wakasek, dsb)

Untuk memudahkan dalam mengarsipkan kegiatan PKG berikut ini kami bagikan aplikasi sederhana Instrumen Penilaian Kinerja Guru Kelas dan Mata Pelajaran yang meliputi 14 Kompetensi yang terdiri dari :

  • Pedagogi ( 7 kompetensi )
  • Kepribadian ( 3 Kompetensi)
  • Sosial ( 2 Kompetensi )
  • Profesional (2 Kompetensi )

Aplikasi penilaian kompetensi guru ini format excel Excel. Silakan bagi yang ingin mencoba bisa mendownload dari link dibawah ini:

Download
Referensi: www.nurhayatimualif.com

Share On :

Copyright © | Proudly powered by Blogger