Cara Menentukan Kegiatan Pendahuluan, Inti, Penutup dalam Penyusunan RPP

Cara Menentukan Kegiatan Pendahuluan, Inti, Penutup dalam Penyusunan RPP

Cara Menentukan Kegiatan Pendahuluan, Inti, Penutup dalam Penyusunan RPP


RPP merupakan salah satu perangkat pembelajaran sehingga dalam penyusunan rpp harus tertata rapi supaya apa yang akan disampaikan bisa memberikan semangat baru kepada siswa. Setiap kegiatan belajar mengajar tentu ada kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup yang harus tertuang dalam rpp. Oeh karena itu disini kita akan sedikit membahas tentang tips / cara menentukan kegiatan tersebut.

Kegiatan pendahuluan dilakukan untuk membangun ketertarikan/ motivasi atau pengaitan dengan pemahaman terdahulu (apersepsi). Pendahuluan bisa dilakukan dengan contoh kegiatan berikut:

  1. Guru membuat kaitan dengan cara bertanya jawab tentang apa yang telah dipelajari dan hubungannya dengan apa yang akan dipelajari
  2. Mengaitkan apa yang akan dipelajari dengan peristiwa di sekitar/ yang dialami peserta didik
  3. Menunjukkan peristiwa aktual dan bertanya jawab kaitannya dengan apa yang akan dipelajari
  4. Melakukan gerakan atau bernyanyi yang sesuai dengan apa yang akan dipelajari
  5. Cerita atau visualisasi yang menarik: Guru menyediakan cerita fiksi, gambar, grafik atau alat visual lain yang relevan untuk menarik perhatian peserta didik terhadap apa yang akan dipelajari.
  6. Permasalahan: Guru mengajukan permasalahan yang terkait dengan pelajaran yang akan disampaikan
  7. Pertanyaan: Guru mengajukan pertanyaan pada peserta didik sehingga mereka termotivasi untuk mengikuti pelajaran

baca juga:
Kumpulan RPP sd mi kelas 1 k13
Kumpulan RPP sd mi kelas 4 k13

Kegiatan inti untuk mengoptimalkan pelibatan peserta didik dalam mencapai pemahaman, penemuan konsep, latihan keterampilan tertentu yang berkaitan dengan pencapaian kompetensi tertentu. Kegiatan inti dalam RPP minimal mencakup kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfimasi.

  1. Mengamati contoh dan ilustrasi: Guru menyediakan contoh dan ilustarsi dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan pelajaran. Guru juga dapat membuat perbandingan antara materi pelajaran dengan pengalaman peserta didik.
  2. Melakukan demonstrasi dengan alat peraga tertentu. Guru menggunakan alat peraga untuk mendemostrasikan suatu peristiwa/ konsep/ cara kerja ketika menjelaskan sesuatu. Misalnya ketika menjelaskan warna-warna dalam pelangi guru dapat menggunakan gelas yang berisi air untuk percobaan pelangi. Peserta didik mendiskusikan demonstrasi yang dilakukan guru dipandu pertanyaan-pertanyaan yang relevan
  3. Melibatkan peserta didik dalam melakukan pengamatan, investigasi, wawancara dengan nara sumber, berdiskusi, bermain, mencoba/ berlatih keterampilan tertentu
  4. Menantang: Hentikan pelajaran secara periodik dan ajukan pertanyaan yang menantang pada peserta didik, misalnya memberikan contoh dari pelajaran yang disampaikan atau menjawab kuis.

Penutup pelajaran untuk penguatan yang dapat berupa:

  1. Penyimpulan dan refleksi
  2. Aplikasi: Hadapkan suatu masalah atau pertanyaan pada peserta didik-peserta didik untuk menyelesaikannya berdasarkan penjelasan dalam pembelajaran.
  3. Review: Minta peserta didik-peserta didik untuk mereviu isi pelajaran dengan yang lain atau memberi mereka tes skor review.

Ini hanya sekedar contoh saja ya, selebihnya bisa anda yang bereksperimen. Atau anda bisa mengunduh file format word tentang Kiat-kiat Menentukan Kegiatan Pendahuluan, Inti, Penutup dalam Penyusunan RPP pada artikel berikut: Juknis penyusunan kurikulum sd mi

Share On :

Copyright © | Proudly powered by Blogger