Penerapan Kewirausahaan Dalam Dunia Pendidikan Oleh Kepala Sekolah

Penerapan Kewirausahaan Dalam Dunia Pendidikan Oleh Kepala Sekolah

Penerapan Kewirausahaan Dalam Dunia Pendidikan Oleh Kepala Sekolah


Kewirausahan adalah suatu sikap, jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. Kewirausahaan merupakan sikap mental dan jiwa yang selalu aktif atau kreatif berdaya, bercipta, berkarya dan bersahaja dan berusaha. Kewirausahaan (entrepreneurship ) muncul apabila seseorang individu berani mengembangkan usaha-usaha dan ide-ide barunya.

Kewirausahaan tidak selalu identik dengan karakter wirausaha semata, karena karakter wirausaha kemungkinan juga dimiliki oleh seorang yang bukan wirausaha. Wirausaha mencakup semua aspek pekerjaan, baik karyawan swasta maupun pemerintahan. Wirausaha adalah mereka yang melakukan upaya-upaya kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan ide, dan meramu sumber daya untuk menemukan peluang (opportunity) dan perbaikan (preparation) hidup.

Dalam dunia pendidikan kewirausahaan dapat diimplementasikan secara terpadu dengan kegiatan- kegiatan pendidikan di sekolah. Pelaksanaan pendidikan kewirausahaan dilakukan oleh kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan (konselor), peserta didik secara bersama - sama sebagai suatu komunitas pendidikan. Upaya kepala sekolah dalam menerapkan jiwa kewirausahaan di sekolah yaitu dengan:

  1. menciptakan inovasi yang be rguna bagi pengembangan sekolah;
  2. melakukan kegiatan dalam upaya mencapai keberhasilan sekolah sebagai organisasi pembelajar yang efektif ;
  3. memotivasi guru dan tenaga kependidikan untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya;
  4. memotivasi peserta didik untuk sukses dalam prestasi akademik dan non akademik; dan
  5. mengembangkan pengelolaan kegiatan produksi sekola h sebag ai sumber belajar peserta didik;

Share On :

Copyright © | Proudly powered by Blogger