Buku Panduan dan Contoh Dokument Tenaga Administrasi Perpustakaan Sekolah

Buku Panduan dan Contoh Dokument Tenaga Administrasi Perpustakaan Sekolah

Buku Panduan dan Contoh Dokument Tenaga Administrasi Perpustakaan Sekolah


Perpustakaan sekolah / madrasah merupakan bagian integral dari sekolah / madrasah yang menunjang keberhasilan peningkatan mutu pembelajaran. Perpustakaan sekolah / madrasah harus memiliki kelengkapan terutama dalam hal tata bagunan dan fasilitas, peralatan, bahan, personil, dan sistem tata kelola yang memadai. Perpustakaan sekolah / madrasah perlu dikelola dengan baik agardapat mengembangkan dan meningkatkan minat baca siswa, literasi informasi, bakar dan kecerdasan, baik kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional maupun kecerdasan spiritual peserta didik, pendidikan dan tenaga kependidikan dalam rangka mendukung tujuan pendidikan nasional melalui penyedia sumber belajar. Selain itu perpustakaan sekolah / madrasah berfungsi sebagai kegiatan pembelajaran, penelitian, kegiatan membaca, kegiatan kreatif, imajinatif, inspiratif dan menyenangkan.

Perpustakaan sekolah/madrasah adalah perpustakaan yang berada pada satuan pendidikan formal di lingkungan pendidikan dasar dan menengah yang merupakan bagian integral dari sekolah yang bersangkutan , dan merupakan pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan nasional .

Sekolah wajib memiliki perpustakaan sebagaimana diamanatkan dalam Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang - Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Pasal 23 ayat (1) Undang - Undang Nomor 43 Tahun 2007 mengamanatkan bahwa setiap sekolah/madrasah untuk menyediakan perpustakaan yang memenuhi Standar Nasional Perpustakaan serta memperhatikan Standar Nasional Pendidikan.

Standar Nasional Perpustakaan tersebut terdiri atas standar koleksi perpustakaan, standar sarana dan prasarana, standar pelayanan perpustakaan, standar tenaga perpustakaan, standar penyelenggaraan, dan standar pengelolaan. Standar Nasional Perpustakaan tersebut menjadi acuan dalam penyelenggaraan perpustakaan pada satuan pendidikan sekolah/ madrasah, baik negeri maupun swasta.

Ketentuan bahwa setiap sekolah harus memiliki perpustakaan juga diatur dalam pasal 42 Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas PP No . 19 Tahun 2005 t entang Standar Nasional Pendidikan . Peraturan tersebut menyatakan bahwa setiap satuan pendidikan wajib memiliki prasarana ruang perpustakaan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.

Perpustakaan merupakan sumber belajar yang memungkinkan pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik memperoleh kesempatan untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan dengan membaca bahan perpustakaan yang ada di perpustakaan sekolah. Oleh karena itu perpustakaan perlu dikelola oleh tenaga perpustakaan yang memiliki kompetensi yang dipersyaratkan untuk dapat mengoptimalkan fungsi perpustakaan sekolah/madrasah.

Maka dalam panduan ini akan dijelaskan secara rinci tentang: Struktur ogranisasi dan fungsi perpustakaan, Kualifikasi dan kompetensi tenaga perpustakaan, Tugas kepala dan tenaga perpustakaan, Penilaian prestasi kerja tenaga perpustakaan

Contoh lampiran administrasi perpustakaan sekolah


  1. Format Kartu Katalog
  2. Format Kantong dan Kartu Buku
  3. Format Slip Tanda Pengembalian
  4. Contoh Label Buku
  5. Format Buku Induk Perpustakaan
  6. Format Inventaris Kartu Surat Kabar
  7. Format Inventaris Kartu Majalah
  8. Format Laporan Data Koleksi Perpustakaan
  9. Format Laporan Pengunjung Tahunan
  10. Format Laporan Data Peminjam
  11. Format Laporan Peminjaman Buku
  12. Diagram Alur Pemesanan Koleksi
  13. Diag ram Alur Penerimaan Koleksi
  14. Diagram Alur Pengolahan Bahan Perpustakaan
  15. Ringkasan Klasifikasi Desimal Dewey

Selengkapnya bisa anda unduh pada link dibawah ini:

Download
Dilarang mengcopy paste isi postingan ini kecuali menyertakan sumber berupa url postingan ini, terima kasih.

Share On :

Copyright © | Proudly powered by Blogger