Pedoman Perencanaan Pembelajaran PAUD RA TK KB Terbaru

Pedoman Perencanaan Pembelajaran PAUD RA TK KB Terbaru

Pedoman Perencanaan Pembelajaran PAUD RA TK KB Terbaru


Dalam file Pedoman Perencanaan Pembelajaran PAUD RA TK KB ini terdiri dari beberapa hal yang terkait dengan kegiatan pembelajaran seperti rambu penyusunan rencana pembelajaran, perencanaan program semester, rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan (rppm), dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian (rpph). Semuanya dikupas tuntas disini.

Pembelajaran merupakan bentuk penyelenggaraaan pendidikan yang memadukan secara sistematis dan berkesinambungan suatu kegiatan. Kegiatan pembelajaran dapat dilakukan di lingkungan lembaga dan luar lembaga dalam wujud penyediaan beragam pengalaman belajar untuk semua peserta didik. Kegiatan pembelajaran sebagai suatu proses harus disusun berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran.

Kegiatan pembelajaran dirancang mengikuti prinsip-prinsip pembelajaran, baik terkait dengan keleluasaan bahan / materi, pengalaman belajar, tempat dan waktu belajar, alat / sumber belajar, bentuk pengorganisasian kelas dan cara penilaian. Dalam kegiatan pembelajaran PAUD, Pendidik perlu memberikan dorongan dan dukungan kepada peserta didik untuk mengungkapkan kemampuannya dalam membangun gagasan.

Pendidik berperan sebagai fasilitator dan bertanggung jawab untuk menciptakan situasi yang dapat menumbuhkan prakarsa, motivasi dan tanggung jawab peserta didik untuk belajar. Di samping itu dalam mengelola kegiatan pembelajaran, pendidik hendaknya mampu mengembangkan pola interaksi dengan berbagai pihak yang terlibat di dalam pembelajaran dan harus pandai memotivasi peserta didik untuk terbuka, kreatif, responsif, dan interaktif dalam kegiatan pembelajaran.

Kualitas pembelajaran dapat diukur dan ditentukan oleh sejauh mana kegiatan pembelajaran tertentu dapat menjadi alat perubah perilaku peserta didik ke arah yang sesuai dengan tujuan kompetensi yang telah ditetapkan.

Oleh karena itu, pendidik PAUD diharapkan mampu merancang, mengembangkan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik, kebutuhan dan perkembangan peserta didik. Untuk membantu kemampuan Pendidik PAUD dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, maka perlu menyusun pedoman Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran PAUD, yang bisa anda download pada link berikut ini: Download

Share On :

Copyright © | Proudly powered by Blogger