Buku Guru dan Siswa SD Kelas 1 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013
Buku Guru dan Siswa SD Kelas 1 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013

Buku Guru dan Siswa SD Kelas 1 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013


Buku Guru dan Siswa SD Kelas 1 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013. Dalam buku guru dan siswa kurikulum 2013 sd kelas 1 ini sudah lengkap dan rinci untuk setiap tema dan subtema terdiri dari Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Tujuan Pembelajaran, Proses Pembelajaran, Penilaian, Pengayaan, Remedial, Interaksi Guru dan Orang Tua.

Kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya dengan pendekatan belajar aktif berdasarkan nilai-nilai budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah telah melakukan penyesuaian beberapa nama mata pelajaran, antara lain, adalah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Secara khusus, dalam kurikulum 2013, disusunlah kompetensi inti. Kompetensi inti adalah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik melalui kompetensi dasar yang diorganisasi dalam pembelajaran integratif dan pendekatan pembelajaran siswa aktif.

Kompetensi inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dikembangkan ke dalam kompetensi dasar. Perubahan perilaku dalam pengamalan ajaran agama dan budi pekerti menjadi perhatian utama.

Tujuan penyusunan buku ini adalah untuk memberikan panduan bagi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dalam buku ini terdapat lima hal penting, yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu:proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, dan interaksi antara guru dan orang tua peserta didik.

Dengan demikian tujuan pembelajaran diharapkan dapat tercapai hasil optimal dan selaras dengan tujuan pendidikan nasional, yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab.

Untuk mengoptimalkan penggunaan buku ini, pahamilah penahapan berikut ini.
1. Pertama, bacalah Pendahuluan untuk memahami konsep utuh Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, kompetensi inti, dan kompetensi dasar dalam kerangka Kurikulum 2013.
2. Setiap bab berisi: Kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, dan interaksi antara guru dan orang tua.
3. Pada subbab tertentu penomoran kompetensi inti dan kompetensi dasar tidak berurutan. Hal itu disesuaikan dengan tahap pencapaian kompetensi dasar.
4. Guru perlu mendorong peserta didik untuk mempwerhatikan kolom-kolom yang terdapat dalam buku teks pelajaran sebagai berikut ini.

  • Sikapku: menguatkan peserta didik agar dapat mewujudkan pengetahuan dalam perilaku.
  • Ayo kerjakan: kegiatan yang harus peserta didik kerjakan untuk memahami materi.
  • Insya Allah aku bisa: tantangan agar peserta didik bisa melakukannya.
  • Ayo berlatih: pengukuran penguasaan peserta didik terhadap materi yang dibahas.

Buku guru
Buku siswa

Dalam pelaksanaannya, sangat mungkin dilakukan pengembangan yang disesuaikan dengan potensi peserta didik, guru, sumber belajar, dan lingkungan.

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Hanya ahli tidur yang ingin berbagi saat bangun, itu saja!!!