Contoh Format Dokumen 1 RA TK PAUD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Contoh Format Dokumen 1 RA TK PAUD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Contoh Format Dokumen 1 RA TK PAUD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru


Contoh Format Dokumen 1 RA TK PAUD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru. Pendidikan anak usia dini diyakini menjadi dasar bagi penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas di masa datang. Oleh karena itu layanan PAUD harus dirancang dengan seksama dengan memperhatikan perkembangan anak, perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya yang berkembang.

Kurikulum RA disusun oleh Tim Pengembang Lembaga yang terdiri dari Kepala Sekolah, Yayasan, Tim Guru dan Komite orang tua dengan bimbingan Penilik PAUD/Pengawas. Kurikulum RA disusun sebagai acuan penyelenggaraan dan pengelolaan keseluruhan program dan pelaksanaan pembelajaran.

Kurikulum RA juga dijadikan sebagai patokan untuk melaksanakan pengukuran keberhasilan pencapaian tujuan, program dan keseluruhan kegiatan pembelajaran sekaligus sebagai tolok ukur untukmengukur peningkatan dan perbaikan mutu satuan pendidikan secara bertahap dan berkesinambungan.

Tujuan Penyusunan Kurikulum RA


  • Acuan bagi Pengelola dan Guru dalam menyusun program layanan, kegiatan pembelajaran dan kegiatan lain yang mendukung pencapaian keberhasilan belajar anak.
  • Informasi tentang program layanan PAUD yang diberikan oleh satuan PAUD kepada peserta didik
  • Dokumen program yang diperlukan untuk pemberian pembinaan.

Visi Misi Dan Tujuan Satuan RA


Visi
Membentuk generasi yang sehat, cerdas, kreatif, mandiri, ceria dan berakhlak mulia”

Misi

  • Menyelenggarakan layanan pengembangan holistik integratif.
  • Memfasilitasi kegiatan belajar yang aktif dan menyenangkan sesuai dengan tahapan perkembangan, minat, dan potensi anak.
  • Membangun pembiasaan perilaku hidup bersih, sehat dan berakhlak mulia secara mandiri.
  • Membangun kerjasama dengan orang tua, masyarakat, dan lingkup terkait dalam rangka pengelolaan RA yang professional, bertanggung jawab dan berdaya saing nasional.

Tujuan
Mewujudkan anak yang sehat, jujur, senang belajar, dan mandiri b. Mewujudkan anak yang mampu merawat dan peduli terhadap diri
sendiri, teman, dan lingkungan sekitarnya.

Menjadikan anak yang mampu berfikir, berkomunikasi, bertindak produktif dan kreatif melalui bahasa, musik, karya, dan gerakan sederhana.
Menjadikan anak beragama sejak dini.

Karakteristik Kurikulum Kurikulum RA


Karakteristik Kurikulum Kurikulum RA disusun dengan mengusung nilai-nilai Islami sebagai dasar untuk pengembangan karakter peserta didik.Nilai-nilai karakter yang dikembangkan antara lain: kepemimpinan, jujur, kreativitas.

Penerapan nilai-nilai dilakukan melalui pembiasaan rutin yang diterapkan selama anak berada di satuan PAUD RA Pelagi.

Contoh Format Dokumen 1 RA TK PAUD Kurikulum 2013

Dalam mengelola kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, kreatif, dan partisipatif, Kurikulum RA menerapkan model pembelajaran sentra, dimana kelompok anak dalam satu hari bermain dalam satu sentra yang didalamnya berisi berbagai aktivitas sebagai pemenuhan densitas main.

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Hanya ahli tidur yang ingin berbagi saat bangun, itu saja!!!