RPP Silabus Promes Mapel Fiqih MI Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP Silabus Promes Mapel Fiqih MI Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Silabus Promes Mapel Fiqih MI Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Senang bisa menyapa anda para guru / pihak sekolah / madrasah, semoga lancar dan sehat selalu. Seperti kita ketahui bersama bahwa sejak adanya kurikulum 2013 yang mengacu pada pendidikan karakter, sejak itu semua perangkat pembelajaran selalu mengalami berbagai revisi dalan setiap semester / tahun pelajaran. Seperti RPP, Silabus, prota, dan promes.

Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus. RPP mencakup: a) data sekolah, mata pelajaran, dan kelas/semester; b) materi pokok; c) alokasi waktu; d) tujuan pembelajaran, KD dan indikator pencapaian kompetensi; e) materi pembelajaran; metode pembelajaran; f) media, alat dan sumber belajar; g) langkah-langkah kegiatan pembelajaran; dan h) penilaian otentik.

Setiap guru di setiap satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP untuk kelas di mana guru tersebut mengajar (guru kelas) di MI. Pengembangan RPP dapat dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran, dengan maksud agar RPP telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan RPP dapat dilakukan secara mandiri atau secara berkelompok.

Secara umum, untuk setiap materi pokok pada setiap silabus terdapat 4 KD sesuai dengan aspek KI (sikap kepada Tuhan, sikap diri dan terhadap lingkungan, pengetahuan, dan keterampilan). Untuk mencapai 4 KD tersebut, di dalam silabus dirumuskan kegiatan peserta didik secara umum dalam pembelajaran berdasarkan standar proses.

Kegiatan peserta didik ini merupakan rincian dari eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, yakni: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah dan mengkomunikasikan. Kegiatan inilah yang harus dirinci lebih lanjut di dalam RPP, dalam bentuk langkah-langkah yang dilakukan guru dalam pembelajaran, yang membuat peserta didik aktif belajar. Pengkajian terhadap silabus juga meliputi perumusan indikator KD dan penilaiannya.

Karena itulah kami akan membagikan file perangkat pembelajaran berupa RPP, Silabus dan Promes untuk madrasah ibtidaiyah (MI) kelas 1 mata pelajaran fiqih kurikulum 2013 yang sudah di revisi tahun 2017 yang katanya sudah final.

Untuk file ini kami bagikan kepada anda dalam bentuk format word / doc melalui link dibawah ini:

RPP
Silabus
Promes

Demikian yang bisa kami bagikan, semoga bisa memberikan manfaat untuk kemajuan kualitas pendidikan di Indonesia.
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya