Contoh RPPH TK RA Kelas B Semester 1 2 Kurikulum 2013 Format Word Terbaru

Contoh RPPH TK RA Kelas B Semester 1 2 Kurikulum 2013 Format Word Terbaru

Contoh RPPH TK RA Kelas B Semester 1 2 Kurikulum 2013 Format Word Terbaru


Rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) untuk taman kanak-kanak (TK) atau sederajat seperti Raudlatul Athfal (RA) kelas B semester 1 dan 2 kurikulum 2013 terbaru format word bisa anda download untuk kemudian di edit menyesuaikan dengan kondisi wilayah masing-masing lembaga.

RPPH kurikulum 2013 TK / RA ada kegiatan pembukaan untuk membantu membangun minat anak supaya siap bermain di kegiatan inti. Kegiatan pembukaan penting untuk mengenalkan materi pembelajaran. Kegiatan pembukaan dimanfaatkan guru untuk mengenalkan kegiatan bermain yang sudah disiapkan, aturan bermain, menerapkan pembiasaan-pembiasaan, dan sebagainya.

Selama proses pembelajaran guru dapat menggunakan berbagai metode untuk saling melengkapi. Beberapa metode pembelajaran yang dianggap sesuai untuk PAUD, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Metode Pembalajaran PAUD Melalui Bermain


Metode bermain adalah metode oembelajaran anak usia dini yang menerapkan permainan tertentu sebagi wahana pembelajaran siswa. Teknik ini didasarkan penelusuran literature maupun pengamatan sepintas dilapangan terbukti paling efektif dan efisien dibandingkan dengan metode yang lain.

2. Metode Pembelajara PAUD Melalui Cerita


Metode cerita adalah metode pembelajaran anak usia dini yang menggunakan teknik guru bercerita tentang suatu legenda, dongeng, mitos, atau suatu kisah yang didalamnya diselipkan pesan-pesan moral atau intelektual tertentu.

3. Metode Pembelajaran PAUD Melalui Menyanyi / Musik


Metode menyanyi adalah metode pembelajaran anak usia dini yang menggunakan media nyanyian sebagai wahana belajar anak.

4. Metode Pembelajaran PAUD Melalui Karyawisata


Bagi anak karyawisata berarti memperoleh kesempatan untuk memperoleh informasi atau mengkaji sesuatu secara langsung (Hildebrand dalam Moslichatoen, 1999). Karyawisata berarti berarti membawa anak ke objek-objek tertentu sebagai pengayaan pngajaran, pemberian pengalaman belajar yang tidak mungkin diperoleh didalam kelas. (Welton & Malloton dalam Moeslichatoen 1999) dan juga memberi kesempatan anak untuk mengobservasi dan mengalami sendiri dari dekat (Foster & Headly’s, 1959).

Berkaryawisata mempunyai makna penting bagi perkembangan anak karena dapat membangkitkan minat anak pada sesuatu hal, memperluas perolehan informasi, juga memperkaya lingkup program kegiatan belajar anak yang tidak mungkin dihadirkan dikelas.

5. Metode Pembelajaran PAUD Melalui Demonstrasi


Demonstrasi berarti menunjukkan dan menjelaskan. Jadi dalam demonstrasi kita menunjukkan dan menjelaskan cara-cara mengerjakan sesuatu. Melalui demonstrasi diharapkan anak dapat mengenal langkah-langkah pelaksanaan.

Download Contoh RPPH TK RA Kelas B Semester 1 2 Kurikulum 2013

pada link berikut ini:
Contoh RPPH TK RA Kelas B Semester 1 2 Kurikulum 2013

Setelah mengunduh file diatas, sebaiknya di edit dulu supaya bisa menyesuaikan dengan kondisi / lingkungan masing-masing. Demikian dari kami, semoga bermanfaat...

Referensi: www.paud.id

Share On :