Kenapa Pageview Versi Blogger Berbeda Dengan Google Analytics

Kenapa Pageview Versi Blogger Berbeda Dengan Google Analytics

Kenapa Pageview Versi Blogger Berbeda Dengan Google Analytics


Hmmm awalnya ini menjadi pertanyaan kami sendiri terkait dengan jumlah tayang halaman / pageview di dashboar blogger yang jauh berbeda dengan jumlah pageview versi google analytics. Kemudian sesekali mencari informasi dengan mengetik pertanyaan tersebut di pencarian google seperti halnya pageview blogger vs histat.

Mungkin jika selisihnya sedikit tidak apa-apa, tapi jika sampai angka ribuan? hmmm jika dibuat persentase selisihnya bisa melibihi 50 persen. Misalnya pageview di blogger 1000 tapi di google analytics hanya kisaran 100-200 perhari. Iya memang tidak masalah sih karena semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan metode tersendiri. Lalu kenapa bisa berbeda dan selisihnya juga sangat jauh? Ini dia jawabannya! Mungkin sih.

Menurut beberapa informasi yang kami peroleh, sistem blogger menghitung semua tampilan blog kita termasuk tampilnya blog di halaman pencarian / search engine google juga dihitung. Sedangkan google analytics hanya menghitung pengunjung blog secara realtime dan akurat, jadi google analytics tidak menghitung tampilan blog pada halaman pencarian seperti blogger.

Karena itu jika kaum blogger ingin mengetahui jumlah pengunjung dan tampilan halaman secara akurat, sebaiknya sesekali mengintip google analytics apalagi blog adsense itu wajib menurut saya. Karena google analytics memiliki banyak fitur mulai dari sumber traffic ogranic, sosial media, menganalisa penghasilan, bahkan sampai bisa ngintip jumlah pengunjung yang aktif di blog secara realtime. Dan yang paling penting adalah google analytics disediakan secara gratis untuk satu akun google.

Itu semua sih menurut beberapa informasi yang kami dapatkan, entah bagaimana dengan pendapat anda? ya itu terserah masing-masing, boleh saja berbeda, kan hanya berpendapat gituh. Semoga bermanfaat...

Share On :