Pembelajaran Efektif Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah

Pembelajaran Efektif Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah

Pembelajaran Efektif Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah


Belajar merupakan proses mental dalam diri peserta didik (santri) sehingga berubah menjadi lebih baik. Melalui kegiatan berpikir santri tahu sesuatu, dan kemudian dari pengetahuannya diharapkan ada perubahan sikap dan perilaku sehari-hari. Melalui proses belajar, siswa berubah dari tidak tahu menjadi tahu, malas menjadi rajin, bandel menjadi taat, dan seterusnya.

Karena belajar merupakan proses mental, maka tugas guru diniyah adalah bagaimana mengkondisikan lingkungan agar santri mampu mengoptimalkan kekuatan berpikirnya, kemudian mengolah informasi dan berubah menjadi lebih mengerti, terampil dan bersikap baik. Dengan demikian, santri mengetahui sesuatu bukan karena diberi tahu, tapi karena berpikir.

Capaian pembelajaran dapat dikelompokkan dalam 3 ranah; yakni kognitif, afektif, dan psikomotor. Proses pembelajaran sepenuhnya diarahkan pada pengembangan ketiga ranah tersebut secara utuh, artinya pengembangan ranah yang satu tidak bisa dipisahkan dari ranah lainnya. Dengan demikian proses pembelajaran secara utuh melahirkan kualitas pribadi yang mencerminkan keutuhan penguasaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Pembelajaran pada pendidikan madrasah diniyah takmiliyah (MDT) diarahkan untuk memberikan bekal ilmuyang cukup kepada santri agar berkembang dan menerapkan ajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran tidak berhenti hingga santri tahu, tapi harus sampai mampu dan membiasakan diri beragama dalam kehidupan nyata sehari-hari. Baik kebiasaan dalam beribadah, bergaul dengan teman sebaya, bermasyarakat dan pergaulan di lingkungan keluarga dengan akhlak yang mulia.

Oleh sebab itu agar proses pembelajaran di madrasah diniyah takmiliyah menjadi menarik, tidak membosankan, perlu diterapkan pendekatan, metode, teknik dan taktik yang bervariasi dengan didukung oleh guru yang kompeten dan layak dipegang ucapannya serta ditiru perilakunya.

Pembelajaran efektif berarti pembelajaran yang membawa perubahan, pengaruh dan manfaat tertentu sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Pembelajaran yang efektif ditandai dengan sifatnya yang menekankan pada pemberdayaan santri secara aktif. Pembelajaran efektif tidak hanya menekankan pada penguasaan pengetahuan tentang apa yang dikerjakan, tapi juga proses internalisasi dari apa yang dikerjakan tersebut, sehingga nilainya tertanam dan berfungsi sebagai muatan nurani dan hayati serta dipraktekkan dalam kehidupan oleh santri.

Hakikat pembelajaran efektif adalah proses belajar mengajar yang bukan saja terfokus kepada hasil yang dicapai peserta didik, tapi juga memberikan pemahaman yang baik, kecerdasan, ketekunan, kesempatan dan mutu serta dapat memberikan perubahan perilaku dan mengaplikasikannya dalam kehidupan mereka.

Pembelajaran efektif juga melatih dan menanamkan sikap demokratis bagi santri. Dalam bentuknya, pembelajaran efektif berjalan sebagai proses yang menyenangkan, sehingga memberikan kreatifitas santri untuk mampu belajar dengan potensi yang sudaha mereka miliki.

Share On :