Perlukah Memiliki Banyak Blog Dengan Niche Yang Berbeda?

Perlukah Memiliki Banyak Blog Dengan Niche Yang Berbeda?

Perlukah Memiliki Banyak Blog Dengan Niche Yang Berbeda?


Memiliki blog lebih dari satu termasuk suatu kebanggaan tersendiri untuk mayoritas blogger dengan alasan beda tema. Meski awalnya bilang cukup 1 saja, tapi setelah 1 blog bisa menghasilkan uang biasanya akan tergiur untuk membuat blog lagi dengan tema / topik yang berbeda, bisa blog nice atau campuran (gado-gado).

Para blogger membuat blog lebih dari satu memiliki banyak tujuan yang berbeda, ada yang untuk sekedar menyalurkan hobi menulis, bisnis / jualan, meningkatkan penghasilan adsense, bahkan ada juga yang bertujuan untuk sekedar pamer kepada teman / sanak saudara karena memiliki sekian blog / website, dan lain-lain.

Berikut salah satu para blogger yang memiliki lebih dari satu blog:

+Adhy Suryadi
Para blogger pasti sudah tahu master yang satu ini, bisa dikatakan beliau dokternya coding. Memiliki 7 blog, kompiajaib.com termasuk blog utamanya, sedangkan yang lain ada myinfo.web.id, ayointer.net, bloggue.xyz, adhysuryadi.xyz, kompitemplate.web.id, dan kiosiana.com.

+Mang Lembu
Dalam dunia blogger selain dikenal sebagai pelaku bisnis online dari desa cilembu, beliau juga blogger kontroversial, hehe... bisa dilihat dari setiap komentar dan postingannya yang sering membuat orang salah paham. Memiliki 5 blog dengan blog utama desacilembu.com, sedangkan blog yang lain ada lotek.co.vu, profildesa04.blogspot.co.id, road1969.blogspot.co.id, dan abah-anom.business.site.

+Maman Achman
Blogger yang satu ini sering berinovasi dalam bidang bisnis online dan sering bekerjasama dengan website-website besar bidang Content Placement, juga sering menjajal apa saja yang bisa menghasilkan via online. saungmaman.com merupakan blog utamanya, sedangkan saungpaytren.com termasuk saudara kembar yang baru lahir.

+Dwi Sugiarto
Memiliki 4 blog dengan mediakompilasi.com sebagai blog utama, yang lain adalah dwisu.web.id, infopojok.com, dan bisniswarung.blogspot.co.id. Beliau termasuk salah satu blogger yang pantang menyerah dan apa adanya dalam membuat postingan, bisa dilihat dari beberapa blognya yang berisi apa saja yang ada disekitarnya.

Untuk saya sendiri memiliki 3 blog. Ini termasuk blog utama, yang lain adalah nengain.web.id dan rengpos.web.id.

Kembali ke judul terkait perlu atau tidaknya memiliki lebih dari 1 blog. Jika tujuan membuat blog lagi karena alasan sekedar penyaluran hobi menulis dan menulis, sah-sah saja. Namun ketika tujuannya untuk menambah penghasilan dari adsense, pertanyaannya apa sudah tercapai atau tidak?. Sebab jika tidak tercapai kadang untuk sekedar update postingan saja rada males karena belum membuahkan hasil yang diinginkan. Itulah kenapa sampai saat ini kedua blog saya tidak dipasangi adsense karena berat badan tante alexa masih diatas 2 jutaan, jadi ya menulis saja lah tak perlu dipikirkan, jika sudah rejeki takkan kemana gituh.

Jadi keputusan membuat banyak blog itu relative tergantung dari tujuan masing-masing ya, saya gak mau ikut campur nanti mang lembu bisa geger.

Share On :