Format Layout EDM RKM dan RKTM MI MTs MA Format Word Terbaru

Format Layout EDM RKM dan RKTM MI MTs MA Format Word Terbaru
Format Layout EDM RKM dan RKTM MI MTs MA Format Word Terbaru

Download Contoh Format Layout EDM RKM dan RKTM MI MTs MA Format Word Terbaru. Evaluasi Diri Madrasah (EDM) merupakan mekanisme evaluasi internal yang dilakukan oleh kepala Madrasah bersama pendidik atau guru, komite Madrasah, orang tua, dengan bantuan pengawas. Hasil EDM dimanfaatkan sebagai bahan untuk menyusun program pengembangan Madrasah lebih lanjut. EDM dilaksanakan oleh setiap Madrasah sebagai satu kebutuhan untuk meningkatkan kinerja dan mutu Madrasah secara berkelanjutan.

Laporan EDM disusun untuk menindaklanjuti hasil temuan yang didapatkan melalui instrumen Evaluasi Diri Madrasah dengan merujuk pada delapan SNP, yaitu Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pembiayaan, Standar Pengelolaan, dan Standar Penilaian.

EDM di tiap Madrasah menjadi tanggung jawab kepala Madrasah dan dilakukan oleh Tim Pengembang Madrasah (TPM) yang terdiri dari Kepala Madrasah, guru, Komite Madrasah, orang tua peserta didik, dan pengawas serta tokoh agama setempat. Untuk selanjutnya akan disusun Rencana Kerja Madrasah (RKM)

RKM sangat bermanfaat bagi madrasah karena dapat dijadikan sebagai Pedoman kerja untuk perbaikan dan pengembangan Madrasah, Sarana untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan Madrasah, Bahan untuk mengajukan usulan pendanaan pengembangan Madrasah.

Rencana Kerja Madrasah ini di susun secara strategis, realistis untuk jangka waktu 4 tahun, sehingga diharapkan dapat digunakan sebagai acuan untuk mencapai tujuan dan cita–cita pemangku kepentingan di Madrasah dan mudah-mudahan dalam pelaksanaannya tidak ada aral yang berarti dan dapat berjalan dengan baik sehingga dapat mencapai sasaran yang kita harapkan bersama.

Selain Identitas Madrasah, Visi Misi Madrasah, Tujuan Madrasah. RKM juga memuat tentang Profil Madrasah Berdasarkan SNP (berisi kekuatan dan kelemahan madrasah) berupa: Standar Isi Standar, Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana Dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, Standar Penilaian, Program Kerja Madrasah, Jadwal Rencana Kerja Madrasah, Pengembangan dan Operasional / Rutin, Sumber Pendanaan, dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAM)

Setelah disusunnya Rencan Kerja Madrasah untuk empat tahun ke depan tahun pelajaran, maka perlu di rinci lagi kegiatan apa saja dalam setiap tahunnya dan berapa dana yang dibutuhkan. Dengan demikian, madrasah dapat mempersiapkan diri untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut sekaligus memastikan sumber pendanaanya.

RKTM ini memuat pendahuluan, Rencana Kerja Tahunan Madrasah (Sasaran, Program, Indikator Keberhasilan, Kegiatan, Penanggungjawab dan Jadwal kegiatan), Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAM) dan penutup.

Download Contoh Format Layout EDM RKM dan RKTM MI MTs MA Format Word Terbaru


EDM RKM dan RKTM MI MTs MA
Tabel Analisis Profil

Demikian dari kami tentang Format Layout EDM RKM dan RKTM MI MTs MA, semoga bermanfaat...

Sumber:
Sosialisasi Penyusunan EDM RKM RKTM dan RKAM
Kementerian Agama Kab Pamekasan
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya