Contoh Program Tahunan dan Semester RA TK PAUD Kurikulum 2013 Terbaru

Contoh Program Tahunan dan Semester RA TK PAUD Kurikulum 2013 Terbaru
Contoh Program Tahunan dan Semester RA TK PAUD Kurikulum 2013 Terbaru

Program tahunan dan program semester merupakan satu kesatuan dari semua perangkat pembelajaran yang ada, dimana semua guru / pendidik harus memiliki kedua perangkat belajar ini supaya kegiatan belajar mengajar di kelas lebih terprogram dan maksimal serta menyenangkan terhadap siswa.

Program tahunan disusun oleh lembaga berisi tentang rencana kegiatan penerapan kurikulum yang mendukung perkembangan dan belajar anak secara holistik-integratif (baik secara langsung, maupun tidak langsung), yang akan dilaksanakan dari awal tahun ajaran hingga akhir tahun ajaran terdiri dari:

  1. Kegiatan yang terkait dengan kurikulum dan pelaksanaan pembelajaran (awal-akhir bulan, awal-akhir semester, awal-akhir TA)
  2. Kegiatan penunjang kurikulum (mendatangkan nara sumber, mengunjungi tempat yang terkait dengan tema, kegiatan bazaar anak, pentas seni anak, dll)
  3. Kegiatan ke-orang tuaan/parenting yang mendukung kurikulum/ pembelajaran (pertemuan orang tua, hari konsultasi, dll)

Perencanaan Program Semester (PROSEM), berisi daftar tema satu semester termasuk alokasi waktu setiap tema dengan menyesuaikan hari efektif kalender pendidikan yang bersifat fleksibel. Perencanaan Program Semester:

  1. membuat daftar tema satu semester
  2. menentukan alokasi waktu untuk setiap tema
  3. menentukan KI dan KD pada setiap tema
  4. memilih, menata dan mengurutkan tema
  5. menjabarkan tema kedalam sub tema dan dapat dikembangkan lebih rinci lagi menjadi sub-sub tema untuk setiap semester;
  6. mencermati kompetensi dasar yang sesuai dengan sub tema yang akan dikembangkan

Demikian sekilas dari Nom Ifrod tentang program tahunan dan program semester untuk tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD), raudlatul athfal (RA), taman kanak-kanan (TK) atau yang sederajat. Untuk contoh prota promes RA TK PAUD Kurikulum 2013 ini bisa anda download pada link dibawah ini:

Program Tahunan dan Semester RA TK PAUD Kurikulum 2013

Demikian dari kami, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Amin...
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya