RPPM PAUD TK RA A dan B Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2

RPPM PAUD TK RA A dan B Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2
RPPM PAUD TK RA A dan B Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan atau RPPM PAUD dalam kurikulum merdeka adalah suatu cara yang baik untuk menyusun rencana pembelajaran dalam membantu anak-anak memahami pertumbuhan dan perkembangan mereka. Dengan menyusun rencana mingguan, anak-anak akan memiliki waktu yang ditentukan untuk mengeksplorasi, bermain, dan belajar tentang dunia di sekitar mereka.

Rencana mingguan paud harus memasukkan berbagai jenis aktivitas yang mencakup berbagai aspek perkembangan anak. Misalnya, anak-anak harus mendapatkan waktu yang cukup untuk menikmati berbagai jenis permainan, belajar mengenai alam dan sosial, dan bahkan menerapkan keterampilan dasar seperti menulis dan membaca.

Setiap rencana mingguan harus mencakup berbagai macam jenis aktivitas. Beberapa aktivitas untuk dipertimbangkan termasuk: membaca buku, menggambar, melukis, membuat lukisan, melakukan lagu dan gerakan, menonton video, memecahkan masalah, membuat mainan, dan berbagai permainan lainnya.

Contoh Dokumen Supervisi Pembelajaran RA TK PAUD Makan bersama

RPPM TK A Semester 1 Kurikulum Merdeka PAUD mencakup beberapa topik yang akan diajarkan dan pelajari oleh anak-anak di PAUD. Topik-topik ini meliputi:

  • RPPM TK-A Topik Sekolah Asyik dengan turunan topik ayo berkenalan, dan bekerja sama (minggu 1 & 2)
  • RPPM TK-A Topik Indonesiaku dengan turunan topik aku anak phbs, negaraku, kebinekaan, pahlawan, dan P5 merayakan kemerdekaan (minggu 3, s.d 7)
  • RPPM TK-A Topik Mitigasi Bencana dengan turunan topik saat kebakaran, saat banjir, saat gema bumi (minggu 8 s.d 10)
  • RPPM TK-A Topik Alam Semesta dengan turunan topik ruang angkasa, bulan, bintang, matahari (minggu 11 s.d 14)
  • RPPM TK-A Topik Apa Saja di Sekitarku dengan turunan topik sekolahku, keluargaku, guruku, dan perpustakaan (minggu 15 s.d 18)
  • RPPM TK-A Topik Kesenian Lokal dengan turunan topik wayang (minggu 19)

Contoh Dokumen Supervisi Pembelajaran RA TK PAUD Belajar diluar kelas

RPPM TK B Semester 2 Kurikulum Merdeka PAUD mencakup beberapa topik yang akan diajarkan dan pelajari oleh anak-anak di PAUD. Topik-topik ini meliputi:

  • RPPM TK-B Topik Cuaca dengan turunan topik wow ada hujan, awan di langit, indahnya pelangi, dan ada angin (minggu 1 s.d 4)
  • RPPM TK-B Topik Kebun Sekolahku dengan turunan topik ayo berkebun, jenis buah, jenis sayur, dan P5 berkreasi dari plastik bekas (minggu 5, s.d 8)
  • RPPM TK-B Topik Alat Transportasi dengan turunan topik transportasi laut, transportasi udara, dan transportasi darat (minggu 9 s.d 11)
  • RPPM TK-B Topik Hari Besar Islam dengan turunan topik ramadhan di sekolah dan idul fitri (minggu 12 dan 13)
  • RPPM TK-B Topik Tempat Rekreasi dengan turunan topik kebun binatang, berkemah, dan bekal piknik (minggu 14 s.d 16)
  • RPPM TK-B Topik Cita-Cita dengan turunan topik menggapai cita dan aku ingin menjadi (minggu 17 dan 18)

Demikian dari kami tentang RPPM PAUD TK RA Kelompok A dan B Kurikulum Merdeka, semoga bisa memberikan manfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Amin...

Sumber: https://www.paud.id/

Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya