Contoh Prota Prosem PAUD TK RA Kurikulum Merdeka

Contoh Prota Prosem PAUD TK RA Kurikulum Merdeka
Contoh Prota Prosem PAUD TK RA Kurikulum Merdeka

Assalamu alaikum wr wb... Kembali lagi dengan saya admin NomIfrod.com yang ingin membagikan salah satu perangkat pembelajaran untuk PAUD TK RA atau sederajat, berupa contoh program tahunan dan program semester.

Program Tahunan

Program tahunan atau prota PAUD Kurikulum Merdeka adalah agenda kegiatan yang dilakukan selama satu tahun pelajaran dalam mendukung tercapainya capaian pembelajaran atau tumbuh kembang anak usia dini maupun aspek koordinasinya dengan stake holder terkait termasuk orang tua.

Dalam menyiapkan pembelajaran bagi anak usia dini, maka terlebih dahulu disusun rencana pembelajaran tahunan kelompok bermain yang nantinya harus diturunkan ke rencana pembelajaran semester sampai dengan rencana harian. Untuk memudahkan pendidik PAUD dalam mengelola pembelajaran tahunan maka disajikan contoh program tahunan (PROTAH) PAUD Kurikulum Merdeka.

Contoh Dokumen Supervisi Pembelajaran RA TK PAUD Belajar diluar kelas

Program Semester

Program Semester / promes PAUD adalah Program semester berisi daftar topik paud satu semester termasuk alokasi waktu setiap topik dengan menyesuaikan hari efektif kalender pendidikan yang bersifat fleksibel (biasanya dikeluarkan oleh dinas pendidikan tingkat Provinsi).

Topik berfungsi sebagai wadah yang berisi bahan kegiatan untuk mengembangkan potensi anak dan menyatukan seluruh kompetensi dalam satu kesatuan yang lebih berarti, memperkaya wawasan dan perbendaharaan kata anak sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna.

Contoh Dokumen Supervisi Pembelajaran RA TK PAUD Makan bersama

Cara Menyusun Prosem PAUD Kurmer

Prosem berisi daftar topik satu semester dan alokasi waktu setiap topik atau subtopiknya. Berikut adalah langkah-langkah dalam menyusun program semester kurikulum merdeka PAUD:

  1. Menentukan topik maupun subtopik dari 4 tema besar yang disediakan pemerintah
  2. Menentukan alokasi waktu untuk setiap topik dan subtopik
  3. Memilih, menata, dan mengurutkan topik berdasarkan prinsip-prinsip kedekatan, kesederhanaan, kemenarikan, dan keinsidentalan.
  4. Menjabarkan topik ke dalam subtopik dan dapat dikembangkan lebih rinci lagi menjadi sub-sub topik untuk setiap semester;

Demikian dari kami tentang Contoh Prota Prosem PAUD TK RA Kurikulum Merdeka, semoga bisa memberikan manfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Amin...

Sumber: https://www.paud.id/

Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya