Aplikasi Buku Keuangan Bendahara / Kas Umum Sekolah v4.00 Siap Cetak
Skripsi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Skripsi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Skripsi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Download lengkap skripsi "Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pokok Bahasan Statistika". Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Program Studi Matematika
--------------------

Pendidikan memegang peranan penting dalam mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Untuk mewujudkan SDM yang berkualitas maka tidak terlepas dari pendidikan, yang di dalamnya terdapat suatu sistem pembelajaran. Pembelajaran adalah proses interaksi baik antara manusia dengan manusia ataupun antara manusia dengan lingkungan. Proses interaksi ini diarahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Misalnya yang berhubungan dengan tujuan perkembangan kognitif, afektif atau psikomotor yang kaitannya dengan meningkatkan aspek pengetahuan.

Dalam era global sekarang ini dimana perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju, sebagai warga Indonesia tidak boleh ketinggalan zaman dengan datangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Matematika merupakan ilmu yang sangat luas sekali dan bisa digunakan diberbagai bidang, seperti di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Matematika diperkenalkan dan diajarkan sejak di bangku SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan SMA (Sekolah Menengah Atas). Sedangkan untuk memperdalaminya mengenai matematika harus menempuhnya di bangku kuliah. Dengan mempelajari matematika diharapkan dapat berfikir secara logis, analitis, dan sistematis sehingga dibutuhkan latihan yang konsisten dan efektif untuk memenuhi hal tersebut.

Siswa menganggap bahwa matematika sulit dipahami karena banyak menggunakan rumus-rumus, ditambah lagi karena pendekatan yang dilakukan guru matematika tidak sesuai dengan karakteristik materi yang disampaikan, sehingga membuat mereka tidak mengerti dengan materi tersebut. Maka dari itu sebagai guru matematika agar siswa tertarik dan senang dengan pelajaran matematika, sebagai guru hendaknya menggunakan suatu strategi/pendekatan selama kegiatan pembelajaran berlangsung, asalkan penggunaan strategi/ pendekatan ini disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan kepada siswa.

Terkadang apabila siswa mengalami kesulitan dalam materi pelajaran, kebanyakan dari mereka malu untuk bertanya kepada gurunya, atau waktu pelajaran sudah habis, dan lain sebagainya. Maka dari itu biasanya siswa akan bertanya kepada teman yang dianggap mampu untuk mengatasi masalah materi pelajaran yang dimaksud. Dari masalah inilah, seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar di kelas bisa menggunakan model pembelajaran kooperatif. Menurut Trianto (2007: 41) pembelajaran kooperatif muncul dari konsep bahwa siswa akan lebih mudah menemukan dan memahami konsep yang sulit jika mereka saling berdiskusi dengan temannya.

Pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran yang secara sadar dan sengaja menciptakan interaksi yang saling mengasihi antar sesama siswa (Nurhadi, 2003 : 60). Dalam pembentukan kelas kooperatif ini, siswa belajar dengan teman kelompoknya yang heterogen, dari segi kemampuan, jenis kelamin, suku/ ras yang berbeda. Antar teman kelompok saling membantu sehingga materi yang dipelajari akan tuntas dan setiap anggota dalam kelompok memahami materi pelajaran yang dipelajarinya.


Di dalam pembelajaran kooperatif terdapat beberapa variasi dari model ini, antara lain tipe jigsaw. Model pembelajararan kooperatif tipe jigsaw siswa ikut aktif dalam kegiatan belajar mengajar, karena dalam tipe jigsaw ini setiap anggota dalam kelompoknya mempunyai tanggung jawab masing - masing, mereka setelah dibentuk menjadi kelompok asal, lalu dibentuklah kelompok ahli untuk mempelajari suatu materi pelajaran yang telah dibagikan oleh gurunya.

Setelah kelompok ahli membahas materi pelajaran mereka kembali ke kelompok asal untuk menjelaskan kembali kepada anggota kelompok mengenai materi yang telah dipelajari di kelompok ahli. Setelah itu guru memberikan kuis kepada masing - masing siswa untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa mengenai materi yang telah dipelajari.

Catatan: File ini semata-mata saya dapatkan dari teman-teman kuliah, Jika anda merasa pemilik file ini, silahkan hubungi kami melalui kontak yang tersedia!!!

Share On :

Note :
  • Gunakan bahasa ramah lingkungan. Link promo masuk Spam
  • Jika tidak memiliki akun disqus, silahkan login dengan akun media sosial anda.
  • Gunakan parse tool untuk style teks dan kode HTML.
Copyright © | Proudly powered by Blogger
DMCA.com Protection Status