Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka di Raudlatul Athfal (RA)

Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka di Raudlatul Athfal (RA)
Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka di Raudlatul Athfal (RA)

Assalamu alaikum wr wb... semuanya semoga sehat dan semangat ya! Sekarang admin NomIfrod.com ingin berbagi tentang panduan Implementasi Kurikulum Merdeka khusus di Raudlatul Athfal (RA), hmmm sudah mulai nih kayaknya akan diterapkan kedepannya secara bertahap.

Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Raudhatul Athfal (RA) mengacu pada kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum yang menjadi Keputusan Menteri Agama Nomor 347 tahun 2022 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah dan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3211 tahun 2022 tentang Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka pada Madrasah. Pengembangan kurikulum merdeka di RA dilakukan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan karakteristik RA, potensi daerah dan kondisi anak serta melibatkan komite madrasah.

Dalam panduan ini juga terdapat:

  • Contoh Penyusunan CP, TP dan ATP dari dalam elemen Nilai Agama dan Budi Pekerti dengan muatan PAI dan Bahasa Arab sesuai kekhasan di RA
  • Contoh Penyusunan Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (IKTP)
  • Contoh Modul Ajar Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di RA
  • Contoh Format Laporan Hasil Belajar Peserta Didik

Landasan Pengembangan IKM di RA

A. Standar Kompetensi Lulusan RA

Standar Kompetensi Lulusan RA adalah kriteria minimal tentang kesatuan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang menunjukkan capaian kemampuan anak dari hasil pembelajarannya pada akhir jenjang Pendidikan RA.

Standar Kompetensi Lulusan dirumuskan berdasarkan:

  1. Tujuan Pendidikan Nasional:
  2. Tingkat Perkembangan Anak:
  3. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia: dan
  4. Jalur, Jenjang, dan Jenis pendidikan.

Standar Kompetensi Lulusan di RA merupakan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini (STPPA) yang memuat profil peserta didik sebagai kesatuan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang menjadi deskripsi Capaian Perkembangan Peserta Didik dari hasil partisipasinya pada akhir pendidikan anak usia dini. STPPA difokuskan pada aspek perkembangan anak yang mencakup: nilai agama dan moral, nilai Pancasila, fisik motorik, kognitif, bahasa, dan sosial emosional.

STPPA mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 4 tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan dan pada KMA Nomor 347 tahun 2022 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah.

B. Standar Isi

Muatan Standar Isi di RA meliputi: al-Jur'an Hadis, Akidah, Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), dan Bahasa Arab yang terintegrasi dalam kegiatan bermain secara menyenangkan dan bermakna. Upaya peningkatan fleksibilitas ruang lingkup materi dengan memberikan ruang kepada pendidik untuk memfasilitasi anak mengembangkan kompetensinya dan mengadopsi prinsip diferensiasi (ragam laju perkembangan anak, latar belakang anak, termasuk anak berkebutuhan khusus).

C. Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian pembelajaran Raudhatul Athfal, yang terdiri dari: (1) Rasionalisasi Pembelajaran, (2) Tujuan Capaian Pembelajaran, (3) Karakteristik Pembelajaran, (4) Lingkup Capaian Pembelajaran, dan (5) Rumusan Capaian Pembelajaran di Raudhatul Athfal.

D. Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Pelajar Rahmatan Lil 'Alamiin

Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil 'Alamiin yang selanjutnya disebut profil pelajar, merupakan pelajar yang memiliki pola pikir, bersikap dan berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila yang universal dan menjunjung tinggi toleransi demi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa serta perdamaian dunia.

Profil Pelajar juga memiliki pengetahuan dan keterampilan berpikir antara lain: berpikir kritis, memecahkan masalah, metakognisi, berkomunikasi, berkolaborasi, inovatif, kreatif, berliterasi informasi, bertakwa, berakhlak mulia, dan moderat dalam beragama.

Unduh Panduan KurMer RA

Demikian dari kami tentang Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka di Raudlatul Athfal (RA), semoga bisa memberikan manfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Amin...

Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya