Contoh Format Kode Etik Guru Terbaru

Contoh Format Kode Etik Guru Terbaru
Contoh Format Kode Etik Guru Terbaru

Kode Etik Guru adalah norma dan asas yang disepakati dan diterima oleh guru sebagai pedoman sikap dan perilaku dalam melaksanakan tugas profesi sebagai pendidik, anggota masyarakat, dan warga negara.

Pedoman sikap dan perilaku sebagaimana yang dimaksud adalah nilai-nilai moral yang membedakan perilaku guru yang baik dan buruk, yang boleh dan tidak boleh dilaksanakan selama menunaikan tugas-tugas profesionalnya untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik, serta pergaulan sehari-hari di dalam dan di luar sekolah.

Kode Etik Guru merupakan pedoman sikap dan perilaku bertujuan menempatkan guru sebagai profesi terhormat, mulia, dan bermartabat yang dilindungi undang-undang.

Kode Etik Guru berfungsi sebagai seperangkat prinsip dan norma moral yang melandasi pelaksanaan tugas dan layanan profesional guru dalam hubungannya dengan peserta didik, orangtua / wali siswa, dan rekan seprofesi, sesuai dengan nilai-nilai agama, pendidikan, sosial, etika, dan kemanusiaan.

Dari yang telah dijelaskan diatas, maka pihak sekolah perlu mengadakan rapat guru dengan pihak terkait untuk menyusun kode etik guru, guna meningkatkan kwalitas etika atau sikap guru di dalam maupun diluar sekolah.

Bagi yang membutuhkan Contoh Format Kode Etik Guru Terbaru, silahkan lihat pada link dibawah ini:

Contoh Format Kode Etik Guru Terbaru

silahkan edit kembali menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing sekolah.
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya